XL Luncurkan Layanan 4G LTE di Kalimantan Barat

Kebutuhan akan layanan internet dengan kecepatan tinggi seakan menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna internet di Indonesia. Internet yang semakin banyak digunakan untuk berbagai keperluan, membuat operator penyedia internet berlomba-lomba menghadirkan layanan maksimal untuk para pelanggannya. Seperti halnya XL Axiata, salah satu operator seluler besar di Indonesia, kembali melakukan peluncuran layanan 4G LTE di area Kalimantan Barat. Acara launching 4G LTE XL Kalimantan Barat diadakan di Hotel Golden Tulip Pontianak pada 18 Mei 2017. Bersama teman-teman dari Komunitas Blogger Pontianak dan berbagai awak media serta partner XL Axiata, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti acara launching  4G LTE XL ini.

Uji coba layanan 4G LTE XL (4,5G) yang resmi dilakukan pada Oktober 2013 menjadi awal perjalanan XL melebarkan sayap layanan berkecepatan tinggi itu di seluruh wilayah Indonesia. Kalimantan Barat menjadi area perluasan berikutnya dari XL untuk pulau Kalimantan setelah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Launching 4G LTE XL di Kota Pontianak

Acara yang bertajuk “XL Press Conference Launching 4,5G Pontianak” menghadirkan Chief Commerce XL Axiata (Kirill Mankovski), GM LTE Execution Assurance XL Axiata (Ronhugo Verry Leonard Tambunan), GM Finance & Management Services XL Axiata North Region (Mozes Haryanto Baottong) dan Regional Marketing Manager XL Axiata North Region (Luce Lolo). Turut hadir sebagai tamu undangan, Wakil Walikota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono.

Direksi XL Axiata

Dalam kata sambutannya, Edi Rusdi Kamtono berharap dengan hadirnya layanan 4G LTE di Kota Pontianak akan turut mendorong perkembangan dunia start up  dan ekonomi kreatif di Kota Pontianak. Pontianak yang saat ini dikembangkan untuk menjadi Smart City sangat mengapresiasi langkah XL menghadirkan layanan 4G LTE.  Lebih lanjut, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan harapan terbesarnya, agar Kota Pontianak bisa memiliki akses wifi gratis yang tersebar di seluruh area publik.

Baca Juga:  Samsung Dikabarkan Akan Merilis Headphone Nirkabel

Wakil Walikota Pontianak di acara launching 4G LTE XL

Potensi Pasar 4G LTE Kalimantan Barat

Kirill Mankovski selaku Chief Commerce XL Axiata menilai Pontianak bisa menjadi potensi pasar yang bagus untuk layanan 4G LTE XL. Dengan beragam pilihan paket dan adanya layanan Youtube tanpa kuota serta dengan penambahan coverage area, Kirill berharap bisa membangun dan mengembangkan potensi yang ada di Kota Pontianak.

Layanan 4G LTE XL Kalimantan Barat

Berdasarkan data yang dimiliki pihak XL, GM LTE Execution Assurance XL Axiata – Ronhugo Verry Leonard Tambunan menyampaikan mayoritas pengguna internet di Kota Pontianak menggunakan internet untuk keperluan media sosial dan e-commerce. Tahun 2016, dari total 650 ribu warga Pontianak, 150 ribu orang merupakan pengguna aktif internet.

Pertumbuhan trafik data di Pontianak berkembang sangat pesat, bahkan melebihi angka 100%. Melihat fakta tersebut, XL menyediakan layanan 4G LTE di delapan kota kabupaten Kalimantan Barat yaitu Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Singkawang, Bengkayang, Sambas, Sanggau dan Ketapang. Sebanyak 120 BTS yang tersebar di enam area tersebut siap memanjakan pelanggan XL dengan akses data berkecepatan tinggi.

Persiapan Menggunakan Layanan 4G LTE XL

Leo juga memaparkan secara detail bagaimana persiapan untuk menikmati layanan 4G LTE XL Kalimantan Barat. Ada empat hal yang harus diperhatikan pelanggan agar bisa merasakan kecepatan 4G LTE XL yaitu ponsel atau perangkat mobile, kartu SIM, paket data dan coverage area.

Untuk melakukan pengecekan melalui ponsel, pelanggan XL bisa langsung mengakses USSD *123*817# atau melalui aplikasi myXL yang bisa diunduh melalui Play Store (Android) atau App Store (iOS). Setelah masuk ke aplikasi myXL, pilih menu Lainnya/More lalu pilih Cek Kelengkapan 4G.

Baca Juga:  XL dan PBNU Kerjasama Luncurkan Program XL NUsantara

Jika ponsel atau perangkat sudah mendukung 4G, pastikan area Anda sudah tercover jaringan 4G LTE XL. Anda bisa langsung melakukan pengecekan di website XL. Ketik nama kota yang ingin Anda cek, lalu akan muncul peta dengan warna ungu yang menandakan area tersebut sudah tercover jaringan 4G LTE XL dan warna hijau yang menandakan area tersebut masuk dalam rencana perluasan area jaringan.

Coverage area 4G LTE XL Pontianak

Selain melakukan pengecekan ponsel/perangkat dan coverage area, hal lain yang harus diperhatikan adalah pengaturan jaringan data di ponsel. Pastikan Anda sudah melakukan setting  ke jaringan 4G.

Bagi pelanggan lama yang masih menggunakan kartu SIM belum mendukung 4G, bisa langsung melakukan penukaran atau upgrade kartu karena untuk mendapatkan jaringan 4G LTE kartu yang digunakan merupakan jenis kartu USIM. Jika Anda memiliki waktu luang, bisa langsung datang ke XL Center terdekat. Namun, jika Anda sibuk, bisa melakukan upgrade kartu melalui ponsel. Sebelumnya, Anda harus membeli kartu perdana XL 4G baru di Outlet/Counter HP. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan upgrade kartu 4G LTE XL:

  1. Gunakan SIM Card lama Anda, akses ke *123*46# dari Smartphone 4G lalu Pilih menu nomor 1 (Lanjut)
  2. Tunggu SMS dari pengirim XL-4G atau 3646 untuk instruksi pergantian kartu
  3. Tukar SIM Card lama Anda kemudian masukkan SIM Card baru ke dalam smartphone 4G Anda
  4. Matikan dan Nyalakan (Restart) Smartphone Anda
  5. Proses selesai dan Sim Card baru tadi sudah aktif dengan nomor lama Anda
Baca Juga:  XL Axiata Siap Layani Ramadan dan Lebaran

Pilihan Paket 4G LTE XL

Setelah semua persiapan lengkap, Anda bisa memilih paket yang ingin digunakan. Ada 5 pilihan paket yang disediakan XL. Dua Paket Xtra Combo Lite dengan kuota 3,5 GB dan 6 GB serta 3 paket reguler masing-masing dengan kuota 11 GB, 21GB dan 31GB. Dari kelima pilihan paket 4G LTE XL tersebut, mendapatkan bonus bicara 15 menit ke semua operator dan tambahan kuota 1 GB untuk Youtube. Selain itu, pelanggan XL juga diberi kebebasan menonton Youtube tanpa mengurangi kuota pada pukul 01:00 – 06:00. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 105.000. Untuk detail paket lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website XL.

Tes Kecepatan Jaringan 4G LTE XL

Sehari setelah acara launching 4G LTE XL di kota Pontianak, saya melakukan tes kecepatan (speed test) jaringan XL di area Coffee Street Gajah Mada. Berikut hasil tes kecepatan yang saya lakukan pada pukul 15:00 WIB.

Speed test 4G XL Pontianak

Hasil tes kecepatan ini bukan merupakan acuan utama kecepatan jaringan 4G LTE XL di kota Pontianak. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap hasil tersebut, seperti area, waktu, dan perangkat yang digunakan. Dari pengalaman saya menggunakan jaringan 4,5G XL, kecepatan loading website di browser sudah masuk dalam kategori sangat cepat dan stabil.

Demikian artikel tentang peluncuran layanan 4G LTE XL Kalimantan Barat. Semoga ke depannya kualitas jaringan dan area cakupan bisa ditambah sehingga semua kalangan bisa menikmati kecepatan dari jaringan 4G LTE XL. Komentar dan pertanyaan bisa Anda tulis di kolom di komentar di bawah.

6 tanggapan untuk “XL Luncurkan Layanan 4G LTE di Kalimantan Barat

    • 21 Mei, 2017 pada 1:49 pm
      Permalink

      Wuahh pelanggan setia nih. Berarti puas banget ya sama layanan XL?

      Balas
  • 20 Mei, 2017 pada 11:20 am
    Permalink

    Simple namun informatif info nya gan. Jadi pingin nyoba XL. Kebetulan slot sim card 2 kosong

    Balas
    • 21 Mei, 2017 pada 1:49 pm
      Permalink

      Silakan dicoba, mumpung masih hangat nih 4G LTEnya

      Balas
  • 20 Mei, 2017 pada 4:34 pm
    Permalink

    belum sempat ganti sim card nh, seprtinya jadi primadona baru tuk akses internet yg kencang dan kenyang hihihihihi

    Balas
    • 21 Mei, 2017 pada 2:08 pm
      Permalink

      Saya sudah mencoba dan emang kenyang dan kenyang ternyata

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *