Cara Membersihkan Cache di iOS agar iPhone Bekerja Lebih Cepat

Menghapus file sampah, membersihkan cache di iOS yang tidak berguna, merupakan salah satu cara ampuh agar iPhone (atau iPad) bisa bekerja lebih cepat dan tidak lemot lagi.

iPhone dan iPad merupakan perangkat yang user-friendly, akan tetapi iOS juga bisa bekerja lambat yang disebabkan oleh menumpuknya file dan memori sampah di sistem.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membersihkan cache di iOS dan menjadikan iPhone atau iPad kembali bekerja maksimal.

Membersihkan cache dan file sampah akan meningkatkan kinerja perangkat, terutama untuk model lawas. Membersihkan memori juga memberikan kamu sesuatu yang lebih terutama pada beberapa hal yang benar-benar dibutuhkan dan digunakan.

Perangkat iOS Apple tidak membutuhkan perawatan level berat seperti halnyamacOS (atau Windows). Tapi iOS tetap membutuhkan beberapa sentuhan perawatan agar bisa bekerja optimal.

Langkah 1: Hapus Cache Safari

Dengan menghapus cache Safari, semua website yang sudah kamu login akan otomatis logout. Berikut cara menghapus cache Safari:

  1. Buka menu Settings, cari pilihan kelima (paling atas ada Mail). Pilih Safari.
  2. Scroll ke bawah dan pilih ‘Clear History and Website Data’.
  3. Pilih ‘Clear History and Data’.

Membersihkan cache Safari

 

Langkah 2: Bersihkan File Data Aplikasi

File data yang tersimpan oleh aplikasi bisa dibersihkan melalui menu Usage di Settings. Berikut langkahnya:

  1. Buka Settings > General > Storage & iCloud Usage.
  2. Pada pilihan paling atas (Storage), pilih Manage Storage.
  3. Pilih aplikasi yang menggunakan banyak memori penyimpanan.
  4. Perhatikan bagian Documents & Data. Jika sizenya lebih dari 500MB, lebih baik dihapus dan instal ulang aplikasi tersebut.
  5. Pilih Delete App, lalu buka App Store untuk menginstal kembali aplikasi tersebut. Cara tersebut akan membuat aplikasi kembali terpasang tanpa file data sebelumnya.
Baca Juga:  Cara Mencetak (Print) Teks atau Bagian Tertentu di Website

Membersihkan file data aplikasi.jpg

 

Langkah 3: Bersihkan Memori dengan merestart iPhone atau iPad Kamu

Sebenarnya sistem iOS sudah melalukan pengaturan memori yang efektif tanpa harus kamu utak atik lagi. Akan tetapi alangkah baiknya sesekali kamu merestart iPhone atau iPad agar aplikasi penting bisa berjalan lebih lancar.

Berikut cara merestart iPhone:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake (di bagian atas atau sisi kanan iPhone) hingga muncul tulisan “slide to power off”.
  2. Geser slider Swipe the power off.
  3. Tunggu hingga iPhone kamu benar-benar mati, lalu tekan dan tahan tombol Sleep/Wake untuk menghidupkan kembali iPhone kamu.

Melakukan cara ini bisa membuat Iphone kamu bekerja lebih baik, dan bisa dilakukan pada semua jenis iPhone.

Demikian tutorial cara membersihakn cache di iOS yang bisa kamu lakukan agar perangkat iPhone bisa bekerja lebih cepat dan lancar. Pertanyaan dan komentar bisa kamu tinggalkan di bagian bawah artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *