2 Cara Mematikan dan Mengatur Fitur Update Otomatis Windows 10

Windows 10 hadir dengan banyak perubahan dan peningkatan pada fiturnya. Akan tetapi, tidak semua fitur tersebut memudahkan pengguna. Salah satunya adalah fitur Windows Update yang disetting otomatis secara default. Jika Anda mencoba membuka Setting atau Control Panel, terdapat hal yang berbeda pada pilihan setting Windows Update. Pengguna tidak diberi kemudahan untuk mengubah setting agar update Windows bisa dilakukan secara manual. Hal tersebut tentu saja sangat memberatkan bagi Anda yang memiliki kuota internet terbatas. Apalagi Windows 10 hingga saat ini masih terus melakukan perbaikan dan update berkala yang rutin diberikan bagi penggunanya.

Windows 10

Berikut akan saya berikan tutorial cara mematikan update otomatis pada Windows 10.

Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10

Buka jendela Services dengan mengetikkan “service” di kotak pencarian Start Menu.

Membuka Services

Setelah jendela Services terbuka, geser hingga ke bawah lalu cari Windows Update. Kemudian double klik atau klik kanan pilih Properties.

Mengubah setting Windows Update

Pada pilihan Startup type, pilih Disable. Kemudian pada pilihan Service status klik Stop. Pilih Apply – OK.

Menghentikan Windows Update

Untuk mengaktifkan kembali update otomatis Windows, lakukan cara yang sama, pilih Startup type menjadi Manual lalu Apply. Kemudian pilih Start pada Service status.

Mengubah Pengaturan Windows Update

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengubah pengaturan Windows Update agar menampilkan notifikasi untuk mendownload update saat update  terbaru tersedia.

Baca Juga:  Trik Mudah Cara Menghilangkan Konfirmasi Saat Menghapus File di Windows

Buka Local Group Policy Editor melalui menu Run. Tekan tombol Windows + R, jendela menu Run akan terbuka, ketik gpedit.msc.

membuka group policy editor

Pilih Computer Configuration – Administrative Template – Windows Components.

Membuka Windows Components

Setelah folder Windows Components terbuka, pilih Windows Update.

Membuka setting Windows Update

Klik kanan pada pilihan Configure Automatic Updates, pilih Edit.

Membuka pengaturan update otomatis Windows

Jendela baru akan terbuka. Pada pilihan Configure Automatic Updates, pilih Enable. Pada pilihan Configure Automatic Updating, pilih “Notify for download and notify for install”.  Lihat gambar berikut agar lebih jelas.

Mengatur update otomatis Windows

Langkah terakhir, pilih Apply lalu OK, selesai. Kini setiap terdapat update baru Windows, akan muncul notifikasi apakah Anda akan mendownload dan menginstallnya.

Demikian tutorial cara mematikan update otomatis Windows 10. Silakan Anda pilih cara mana yang sesuai dan Anda butuhkan. Saya pribadi menggunakan cara yang kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *