Cara Singkat Mengatasi CD/DVD ROM Tidak Bisa Dieject / Dikeluarkan

Berawal dari kedatangan seorang teman yang meminta bantuan, saya berhasil menemukan solusi yang sebelumnya tidak pernah saya ketahui. Dia, teman saya, ceritanya sedang mengejar sidang skripsi, dan salah satu syaratnya harus memberikan foto agar bisa mengikuti sidang. Dengan wajah pucat dia datang ke tempat saya.

Dengan tenang saya coba perhatikan kondisi laptopnya. Saya cek driver CD/DVD ROM di Device Manager, tida ada masalah, driver terinstal baik. Saya cek di Disk Management, CD/DVD ROM juga terbaca. Akan tetapi, saat dicek di Explorer dan saya coba klik CD/DVD ROM, muncul notifikasi “Please insert a disc into drive”. Ternyata bukan driver CD/DVD ROM yang mengalami masalah, tetapi CD/DVD ROM tidak bisa membaca CD/DVD yang dimasukkan.

Cara Mengatasi CD/DVD ROM Tidak Bisa Dieject / Dikeluarkan

Saat mencoba klik kanan – Eject, tidak terjadi apa-apa pada CD/DVD ROM. Saya coba tutorial membuat shortcut eject CD/DVD yang pernah saya tulis sebelumnya, tapi juga belum berhasil. Akhirnya saya menyerah dan menyarankan teman saya untuk membawa laptopnya ke tempat service.

Baca juga: Membuat Shortcut Eject CD/DVD

Lima menit kemudian, rasa penasaran tidak bisa saya sembunyikan. Mau dibongkar, tapi saya tidak memiliki peralatan lengkap. Saya coba bolak balik laptop tersebut. Saya coba menekan tombol eject di laptop berulang-ulang. Masih belum berhasil. Tanpa disengaja, saya melihat ada lubang kecil di samping tombol eject. Saya ambil jarum, saya coba masukkan jarum ke lubang kecil tersebut dan dengan wajah sumringah saya setengah berteriak, “bisa terbuka”.

Baca Juga:  Tutorial Lengkap Cara Install Windows 7 dengan Media USB Flashdisk

Ternyata solusi untuk membuka CD/DVD ROM tidak bisa dieject/dikeluarkan sangat mudah. Cukup dengan menusuk lubang kecil di bagian drive CD/DVD, yang kemudian saya sebut tombol eject darurat. Pada kasus yang saya alami, laptop yang mengalami masalah adalah Acer. Lubang kecil tersebut terletak di dekat tombol eject CD/DVD ROM. Di laptop pribadi saya, Toshiba, lubang tersebut juga terletak di sebelah kanan tombol eject. Sepertinya lubang darurat ini ada di semua jenis laptop dan CD/DVD ROM, baik yang ada di komputer (PC) maupun CD/DVD eksternal.

Menurut pendapat saya, ada beberapa hal yang membuat CD/DVD ROM bermasalah sehingga tidak bisa dieject/dikeluarkan. Seringnya memutar DVD film hasil bajakan atau DVD kualitas rendah langsung di CD/DVD ROM, bisa menjadi faktor utama. Selain itu, proses eject CD/DVD yang kurang tepat juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Saya sarankan, jika ingin meng-eject CD/DVD, jangan langsung melalui tombol manual yang ada di CD/DVD ROM, akan tetapi melalui konteks menu di Explorer. Pilih CD/DVD yang akan dieject, klik kanan lalu pilih Eject, maka secara otomatis CD/DVD ROM akan terbuka.

Demikian tutorial cara mengatasi CD/DVD ROM yang tidak bisa dieject/dikeluarkan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan dan pengalaman, silakan tulis komentar di bawah ini.

4 tanggapan untuk “Cara Singkat Mengatasi CD/DVD ROM Tidak Bisa Dieject / Dikeluarkan

  • 4 April, 2017 pada 3:40 am
    Permalink

    mantabbzz boss..uda seminggu cd sy g bs di keluarin ,sy emg blm mau ke tukang servis msh penasaran tp uda smpt sy bongkar sndri jg ttp g bs keluar smp khir nya menemikan tutorial ini..akhirnya TERBUKA HANYA DENGAN JARUM PENITI…MANTABBBZZ…

    Balas
    • 4 April, 2017 pada 1:22 pm
      Permalink

      Mantap bro.
      Kalo ada masalah sama laptop, jangan buru-buru dibawa ke tempat service

      Balas
  • 14 September, 2017 pada 10:42 pm
    Permalink

    niceeeeeee inpooooh

    Balas
  • 21 November, 2018 pada 9:39 pm
    Permalink

    Mantap bro,
    gila cuma begitu aja nya solusi memperbaikinya.., pass buka toturial ini dan melakukannya… waaaahhh akhirnya dvd RW saya bisa di buka, trima kasih bro.. braavoooo

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *