Review iPhone X Indonesia, Smartphone Terbaik Apple

Tepat pada tanggal  22 Desember 2017, iPhone X (baca: iPhone ten) resmi dijual di Indonesia. iPhone X hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kiprah Apple di pasar smartphone. Ciri khas dari iPhone X adalah bagian layar yang memenuhi hampir 100% bodi, nyaris tanpa bezel dan tanpa tombol home yang menjadi ciri khas smartphone Apple selama ini. Selain itu, iPhone X hadir dengan teknologi terbaru dari Apple yaitu Face ID yang menggantikan Touch ID sebagai pengaman iPhone. Penasaran seperti apa iPhone X dengan fitur-fitur canggihnya? Berikut review iPhone X Indonesia dari MainTekno, simak ulasan lengkapnya.

Review iPhone X Indonesia, Spesifikasi Lengkap

Dimensi 143,6 x 70,9 x 7,7 mm, 174 gram
Prosesor Apple A11 Bionic 6-core
GPU Apple GPU 3-core
RAM 3 GB
Storage 64/256 GB
Layar OLED 5,8 inci (2.436 x 1.125 piksel)
Kamera 12 MP+12 MP & 7 MP
Baterai 2.716 mAh
Sistem Operasi  iOS 11
Jaringan Single-SIM 4G
Konektivitas WiFi, Bluetooth, GPS, NFC
Interface Lightning port
Sensor FaceID, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, barometer
Fitur lain AR-ready, fast charging, wireless charging, sertifikat IP67

Desain iPhone X

review iphone x indonesia

Selama bertahun-tahun Apple mendesain iPhone dengan tampilan yang selalu sama. Hingga akhirnya iPhone X hadir dengan tampilan baru yang berbeda dari sebelumnya. Layar yang memenuhi bodi, dengan sedikit “poni”. Layar tanpa bezel mengorbankan tombol home dan fitur Touch ID yang selama ini menjadi ciri khas iPhone.

Di sisi belakang bodi iPhone X menggunakan material kaca. Dual kamera ditempatkan pada posisi vertikal, dengan ukuran sedikit agak besar dan menonjol.

review iphone x indonesia

Frame yang mengelilingi bodi iPhone X berbahan stainless steel, sedikit menambah bobot. Sebagai hp yang sudah tahan air, terdapat lapisan karet di antara frame dan layar. Karet ini juga berfungsi sebagai peredam agar layar OLED iPhone X tidak mudah pecah.

Layar hp ini menggunakan bahan OLED berukuran 5,8 inci dengan poni tipis di bagian atas. Dengan layar yang berukuran sama dengan iPhone 8 Plus akan tetapi dengan dimensi yang lebih kecil, menjadikan hp ini sangat enak saat digenggam dengan satu tangan. iPhone X sukses hadir dengan layar lebar tapi memiliki bodi yang kecil.

Baca Juga:  Lenovo Phab Plus, Phablet Tangguh 6,8 Inci

Sementara untuk tombol-tombol fisik dan port, masih bertahan dengan desain lama. Tombol power di sisi kanan dengan ukuran lebih panjang. Tombol volume dan switch mute di sisi kiri. Jack audio yang biasa berdampingan dengan port lightning di bagian bawah, kini dihilangkan.

Layar, baterai, konektivitas

review iphone x indonesia

Seperti sudah dibahas sebelumnya, iPhone X menggunakan layar OLED 5,8 inci dengan dukungan HDR. Layar OLED iPhone X memiliki resolusi 1125 x 2436 px dengan tingkat densitas 458 ppi. Layar ini memiliki rasio yang tidak biasa yaitu 19,5:9, sedikit lebih panjang dibandingkan dengan Samsung S8 (18,5:9).

Untuk urusan baterai, iPhone X dilengkapi dengan baterai Li-Po 2716 mAh, sama seperti baterai pada iPhone 8 Plus. Terdapat fitur Low- Power mode yang bisa membuat iPhone X bertahan lebih lama saat  daya yang tersisa 20%.

Dari sisi konektivitas, iPhone X sudah mendukung jaringan LTE Cat. 12 (kecepatan download hingga 600 Mbps dan upload hingga 150 Mbps). Selain itu, iPhone X juga sudah mendukung Voice over LTE (VoLTE) sehingga kualitas suara saat melakukan panggilan telepon menjadi lebih jelas.

Koneksi Wi-Fi dan Bluetooth 5 berjalan lancar di iPhone X. Selain itu fitur NFC juga tersedia.

Tidak ditemukan lagi jack audio 3,5 mm di iPhone X. Jika ingin mendengarkan musik melalui earphone kabel, cukup gunakan adapter lightning to 3,5 mm.

Software

review iphone x indonesia

iPhone X sudah menggunakan iOS terbaru iOS 11. Dengan dihilangkannya tombol home, maka fungsi tombol tersebut digantikan dengan gestur tertentu. Selain hal tersebut, fitur lain yang terdapat di iOS 11 masih sama.

Untuk mengakses multitasking, swipe ke atas dan tahan. Jika Control Center di iPhone lain dibuka dengan cara swipe dari bawah layar, di iPhone X Control Center bisa dibuka dengan cara swipe bagian kanan atas layar.

Baca Juga:  Review iOS 9

Fitur lain yang hilang akibat lenyapnya tombol home adalah Touch ID, digantikan dengan fitur baru yang lebih aman yaitu Face ID.

review iphone x indonesia

Hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk melakukan set up Face ID. Setelah berhasil di setup, proses unlock iPhone X bisa dilakukan dalam hitungan detik, lebih cepat dan aman tentunya. Face ID mampu mengenali wajah walapun sudah ditambah aksesoris seperti topi atau kacamata hitam. Face ID memiliki teknologi yang mampu mempelajari takstur dan perubahan yang terjadi pada wajah, jambang yang semakin lebat misalnya.

review iphone x indonesia

Akses kamera melalui lockscreen mengalami perubahan. Ada dua shortcut di lockscreen yaitu kamera dan flashlight. Untuk membukanya, cukup tekan agak kuat di ikon kamera atau flashlight.

Lalu bagaimana kabar Siri? Untuk membuka Siri, tekan dan tahan tombol power (di iPhone X diberi istilah “tombol samping”). Untuk mematikan iPhone X, tekan dan tahan tombol power disertai salah satu tombol volume. Screenshot dilakukan dengan cara menekan tombol power dan salah satu tombol volume.

Performa

Sama seperti iPhone 8 Plus, iPhone X menggunakan chip A11 Bionic six-core sebagai dapur pacu. RAM yang dimiliki iPhone X sebesar 3 GB.

Di sektor grafis, GPU yang digunakan sudah buatan Apple sendiri. GPU pertama Apple tersebut dilengkapi 3 core, diyakini memiliki performa 30% lebih cepat dibandingkan GPU yang ada di A10 Fusion.

Dengan kombinasi prosesor dan grafis yang wuah tersebut, game paling berat sekalipun akan bisa dimainkan dengan mulus dengan tampilan grafis yang memukau. Game berbasis augmented reality (AR) juga bisa berjalan dengan sangat lancar di iPhone X. Konten multimedia seperti video menghadirkan pengalaman baru, berkat resolusi dan rasio layar iPhone X yang berbeda dari lainnya, serta speaker stereo yang mampu menghasilkan kualitas audio terbaik. Proses multitasking juga tidak akan ditemukan hambatan, semua berjalan dengan sangat lancar dan stabil.

Baca Juga:  iPhone 5S and 5C Diluncurkan, Warga Australia Jimmy Gunawan Menjadi Pemilik Pertama

Kamera

review iphone x indonesia

iPhone X dilengkapi dengan dual kamera 12MP (wide+tele). Lensa wide dengan bukaan f/1,8 dan lensa tele dengan bukaan f/2,4. Dengan posisi vertikal, lensa kamera iPhone sudah dilapisi kaca berbahan safir yang mampu melindungi dari goresan. Sensor kamera yang digunakan adalah Sony Exmor.

Hasil kamera iPhone X masih belum berubah dari para pendahulunya. Foto hasil jepretannya hampir selalu natural dengan warna yang pas. Saat low light, performa kamera iPhone X sudah ditingkatkan.

review iphone x indonesia

Ada satu fitur kamera yang wajib dicoba yaitu potrait lighting, membuat efek bokeh dengan cahaya yang beragam. Efek potrait lighting ini bisa diterapkan sebelum atau sesudah memotret.

Di iPhone X, fitur potrait lighting juga bisa dicoba melalui kamera depan berkat adanya sensor TrueDepth. Hasil jepretannya juga cukup memuaskan.

Dari sektor video, iPhone X sangat bisa diandalkan, baik saat membuat vlog atau sekedar dokumentasi. Video recorder di iPhone X mampu menghasilkan video 4K 60 fps serta slow motion Full HD 240 fps.

Semua foto hasil jepretan akan disimpan dalam format baru yaitu HEIF. Video akan disimpan dalam format HEVC (H.265). Kedua format tersebut diyakini mampu menghasilkan foto atau video dengan tingkat kompresi yang tinggi. Sebagai perbandingan, untuk foto format JPG berukuran 3 MB mampu disimpan dalam format HEIF berukuran 1,4 MB, hampir setengahnya.

Kesimpulan

Jika kamu memiliki budget berlebih dan menginginkan sebuah smartphone yang memiliki kelebihan di semua aspek, iPhone X adalah pilihan tepat bagi kamu. Performa kamera yag wuah, fitur keamanan terbaru Face ID, desain super mewah dengan layar tanpa bezel. Hilangnya tombol home membuat kamu harus terbiasa dengan gestur-gestur untuk menjalankan perintah tertentu.

Demikian review iPhone X Indonesia, semoga bisa menjadi panduan bagi kamu dalam memilih smartphone.

Satu tanggapan untuk “Review iPhone X Indonesia, Smartphone Terbaik Apple

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *