Cara Mengubah Tombol Fungsi (Function Keys) Laptop


Laptop dan komputer jenis terbaru memiliki desain keyboard yang berbeda. Di bagian paling atas keyboard atau yang biasa disebut tombol fungsi (function keys), yang bisa difungsikan sebagai menu khusus multimedia seperti volume, play/pause, next, previous, dan menu hardware. Tombol fungsi tersebut juga bisa digunakan sebagai tombol F1-F12 secara default. Tapi tentu saja tidak bisa digunakan secara bersamaan dengan menu khusus seperti yang disebutkan sebelumnya.

Cara Mengubah Tombol Fungsi / Function Keys Laptop dan Komputer

Secara default, tombol fungsi tersebut berfungsi sebagai tombol multimedia. Akan tapi, bagi sebagian orang mungkin ingin mengembalikan fungsinya sebagai tombol F standar. Contohnya bagi gamer, yang sering menggunakan tombol F1-F12 dalam memainkan sebuah game. Daripada harus menekan tombol Fn untuk menjalankan perintah F1-F12, Anda sebenarnya bisa mengubah default tombol fungsi melalui pilihan-pilihan berikut.

Aktifkan Fn Lock

Fungsi Fn Lock pada prinsipnya sama dengan tombol Caps Lock. Dengan mengaktifkan Fn Lock, fungsi standar F1-F12 bisa digunakan tanpa menekan tombol Fn, sama seperti saat Anda menekan tombol Caps Lock, di mana bisa mengaktifkan fungsi huruf kapital tanpa harus terlebih dahulu menekan tombol Shift.

Tombol Fn Lock tergantung jenis keyboard, ada keyboard yang memiliki tombol Fn Lock tersendiri. Jika tombol khusus Fn Lock tidak ada, Anda harus menggunakan tombol Fn baru kemudian menekan Fn Lock untuk mengaktifkannya. Contoh untuk gambar keyboard di di bawah ini, Fn Lock ada di tombol Esc. Untuk mengaktifkan Fn Lock tersebut, Anda harus menekan tombol Fn terlebih dahulu, tahan, kemudian baru tekan tombol Esc. Untuk kembali mematikan Fn Lock, tahan kembali tombol Fn kemudian tekan tombol Esc lagi.

Cara Mengubah Tombol Fungsi / Function Keys Laptop dan Komputer

Beberapa jenis keyboard mungkin memiliki kombinasi tombol Fn Lock yang berbeda. Sebagai contoh, di keyboard Microsoft Surface, Anda bisa mengaktifkan Fn Lock dengan menahan tombol Fn kemudian menekan tombol Caps Lock.

Baca Juga:  Game Klasik PS2 Akan Segera Bisa Dimainkan di PS4

Ubah pilihan di menu setting BIOS atau UEFI

Laptop dengan keyboard built-in biasanya menyediakan menu pilihan untuk tombol fungsi di setting BIOS atau UEFI. Reboot laptop, kemudian tekan tombol untuk masuk ke menu BIOS atau UEFI (biasa F2, Delete atau F10, tergantung jenis laptop). Cari menu pilihan untuk mengubah default tombol fungsi tersebut. Sebagai contoh di laptop Dell, menu pilihan tersebut ada di tab menu Advanced – Function Key Behavior, pilih default tombol fungsi apakah sebagai Multimedia atau fungsi F1-12 standar.

Cara Mengubah Tombol Fungsi / Function Keys Laptop dan Komputer

Ubah pilihan di Control Panel

Anda juga bisa mengubah default tombol fungsi melalui beberapa pilihan di Windows. Jika Anda menggunakan Windows melalui Boot Camp di Mac, Anda bisa membuka menu konfigurasi Boot Camp, kemudian centang pilihan “Use all F1, F2, etc. keys as standard function keys” di tab menu Keyboard.

Cara Mengubah Tombol Fungsi / Function Keys Laptop dan Komputer

Di laptop atau komputer Mac OS X, pilihan menu tersebut bisa ditemukan di System Preferences. Klik menu Apple, kemudian pilih “System Preferences”, lalu klik ikon “Keyboard”, selanjutnya centang pilihan “Use all F1, F2, etc. keys as standard function keys”.

Cara Mengubah Tombol Fungsi / Function Keys Laptop dan Komputer

Di laptop Dell, menu pilihan tersebut bisa ditemukan di Windows Mobility Center. Beberapa jenis laptop juga memiliki menu pilihan yang sama. Bagi pengguna Windows 8, 8.1, atau 10, klik kanan tombol Start di pojok kiri layar, pilih “Mobility Center”. Bagi pengguna Windows 7, tekan tombol Windows + X. Anda press Windows Key + X. Kemudian pilih menu “Function Key Row”, pilih default tombol fungsi yang dinginkan.

Cara Mengubah Tombol Fungsi / Function Keys Laptop dan Komputer

Secara umum, Anda bisa mengubah default tombol fungsi langsung melalui tombol di keyboard. Jika di keyboard tidak tersedia pilihan Fn Lock, masuk ke setting BIOS atau UEFI, cari pilihan yang sesuai. Dan jika masih tidak ditemukan pilihan tersebut, masuk ke menu konfigurasi keyboard sesuai dengan OS yang Anda gunakan.

Baca Juga:  Tutorial Singkat Memunculkan Menu Perintah Run di Start Menu Windows 7

8 tanggapan untuk “Cara Mengubah Tombol Fungsi (Function Keys) Laptop

  • 9 Februari, 2017 pada 8:32 am
    Permalink

    thats good articel

    Balas
  • 2 Mei, 2017 pada 10:16 am
    Permalink

    bagaimana dengan laptop Hp? di laptop saya ada fn tapi di esc tidak ada lock saya coba pun gak bisa fn capslock juga gak bisa, fn lock juga gak ada bang

    Balas
    • 14 Mei, 2017 pada 6:11 am
      Permalink

      Tidak semua jenis dan tipe keyboard laptop mendukung fungsi Fn Lock bro

      Balas
    • 14 Mei, 2017 pada 6:09 am
      Permalink

      Berarti laptop kamu fungsi tombol Fn-nya tidak bisa diubah bro

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *