Spesifikasi Lengkap Oppo Neo 7 A1603, Murah tapi Bukan Murahan



Oppo yang belakangan ini menjadi tren baru di dunia smartphone Indonesia, kembali menghadirkan varian baru yaitu Oppo Neo 7 A1603 yang bisa menjadi pilihan Anda dalam membeli smartphone. Varian baru di “Neo Series” ini hadir dengan mengusung desain kelas premium, terbuat dari magnesium alloy dan serat kaca, berbodi aluminium dengan finishing yang berkelas.

Oppo Neo 7 dipilih sebagai penerus dari Oppo Neo 5. Dengan spesifikasi menarik dan mumpuni, Neo 7 dibanderol dengan harga menengah dan menyasar kalangan mid-range.

Seperti beberapa kerabatnya, Oppo Neo 7 pun masih menjagokan sektor kamera sebagai andalan utama. Sayangnya, tren akses data kecepatan tinggi di jaringan 4G LTE yang saat ini mulai ngetren, tidak terakomodasi dengan baik oleh smartphone dual SIM ini.

Spesifikasi Lengkap Oppo Neo 7

Pilihan
Warna
White,
Blue
Dimensi
142,7
x 71,7 x 7,6 mm, 141 gram
Tipe
Layar
TFT
LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran
Layar
5
inci ,960 x 540 piksel, (~220 ppi pixel density)
Jenis
Kartu SIM
Dual
SIM ( Micro-SIM, dual stand-by)
Jaringan

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900

HSDPA 850 / 900 / 2100
Bluetooth
v4.0
USB
Port
microUSB
v2.0, USB Host
RAM
1
GB
Internal
16
GB
Eksternal
microSD,
up to 128 GB
Sistem
Operasi
ColorOS
2.1 (Android 5.1 Lollipop)
Chipset
Qualcomm
MSM8916 Snapdragon 410
Processor
Quad-core
1.2 GHz Cortex-A53
GPU
Adreno
306
Kamera
8
MP & 5 MP
Video
1080p@30fps
Baterai
Non-removable
Li-Po 2420 mAh
Sensor
Accelerometer,
proximity, compass

Desain

Oppo Neo 7 hadir dengan desain kelas premium, mengusung lapisan kaca pada sisi bagian belakang (back cover), memiliki kesan glossy, sehingga tampak lebih mewah dibandingkan smartphone sekelasnya. Rangka OPPO Neo 7 terbuat dari magnesium alloy, menjadikannya ringan dan kuat. Oppo Neo 7 juga didukung frame berbahan premium dengan desain micro-arc frame yang menghasilkan sudut melengkung yang membuatnya semakin nyaman di genggaman. Body Oppo Neo 7 masuk kategori sangat tipis, dengan dimensi ketebalan hanya 7.6 mm dan beratnya cuma 141 gram.

spesifikasi lengkap oppo neo 7

Cover belakang Neo 7 terbuat dari lapisan optik dan menggunakan material serat kaca untuk meningkatkan kekuatan dan elastisitas. Tebal cover belakang hanya sekitar 0,56 mm, dan terasa cukup halus. Cover ini bisa dilepas, dan di sisi dalam terdapat dua slot SIM card dan microSD. Oppo Neo 7 bisa dibilang menerapkan konsep desain semi unibody, dengan baterai yang tertanam langsung ke bodi (non-removable).

tampilan depan oppo neo 7

Menyasar kelas menengah ke bawah, Oppo Neo 7 ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan harga yang rendah, Oppo terpaksa mengorbankan resolusi layar. Anda hanya akan disuguhkan layar 5 inci dengan resolusi qHD 540 x 960 pixels, sehingga kerapatan layarnya cuma sekitar 220 pixel per inci. Hal ini menjadi salah satu kelemahan smartphone ini.

Konektivitas

Konsep dua slot SIM card di Neo 7 ini cukup mengakomodasi kebutuhan konsumen. Ada slot micro-SIM dan Nano-SIM. Jadi, untuk Anda yang sudah memiliki kartu micro tidak perlu memotongnya menjadi Nano-SIM. Dua SIM pada Neo 7 bisa diaktifkan pada saat bersamaan.

Salah satu hal yang cukup disayangkan adalah tidak ada fitur 4G pada seri Neo 7 yang dipasarkan di Indonesia. Anda harus cukup puas dengan mengandalkan jaringan HSPA.

Menu Konektivitas Oppo Neo 7

Untuk fitur konektivitas lainnya, Oppo sudah membekali Neo 7 dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n yang bisa dijadikan server hotspot, bluetooth v4.0 dan USB Port microUSB v2.0. Cukup dengan menggunakan kabel OTG, Anda tidak perlu repot jika ingin memindahkan file dari Neo 7 ke perangkat lain, atau sebaliknya.

Software

Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop di Neo 7 sudah cukup cepat dan stabil. Selain itu, kombinasi ColorOS 2.1 milik Oppo diklaim mampu meningkatkan performa dan kecepatan booting hingga 30% dibanding versi sebelumnya.

Interface Oppo Neo 7

ColorOS 2.1 yang ditanamkan Oppo dan sistem operasi Android 5.1 Lollipop di Neo 7 juga menghadirkan fitur pembersih otomatis. Jika dalam 10 menit layar tidak digunakan, sistem secara otomatis akan menghapus aplikasi yang ‘memakan’ RAM cukup besar. Hal ini cukup membantu agar performa Neo 7 tetap stabil.

ColorOS menjadi senjata utama mengapa spesifikasi standar milik OPPO Neo 7 bisa terasa responsif. ColorOS hanya mengonsumsi RAM sebesar 500 MB atau setengah dari total RAM. Padahal UI ini menawarkan banyak fitur motion & gesture hingga banyak pilihan theme dan font. Selain tidak nge-lag, Anda juga tak perlu khawatir notifikasi media sosial akan telat masuk.

Pada sektor dapur pacu, perangkat Oppo Neo 7 juga memiliki kelebihan karena sudah disenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan ditanamkan prosesor Quad-core dengan kecepatan 1.2 GHz Cortex-A53 64 bit.

Smartphone Oppo Neo 7 juga sudah dibekali dengan RAM sebesar 1 GB yang akan mendukung kinerja dapur pacu Oppo Neo 7 agar dapat bekerja lebih maksimal serta lebih responsif meski saat digunakan untuk kegiatan multitasking atau menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Walaupun kapasitas 1 GB masih terasa kecil, namun dengan bantuan ColorOS akan menjadi maksimal.

Kamera

Setelah sukses di varian sebelumnya, Oppo juga tetap menghadirkan teknologi Pure image 2.0+ untuk mengoptimalkan kemampuan kamera Neo 7, serta didukung beberapa plug-in yang dapat ditambahkan atau dihapus sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan teknologi ini, kamera 8 MP Neo 7 sanggup menghasilkan gambar terbaik dengan kualitas tajam dan jernih layaknya kamera 13 MP smartphone midle-end merek Tiongkok lainnya.

Untuk kualitas foto terbaik, kamera Neo 7 didukung back-illuminated sensor plus sensor 1/4 inci dan difragma F/2.0 untuk pengambilan gambar prima pada kondisi kurang cahaya. Ada juga Double exposure 2.0 yang menyajikan fitur untuk merekam gambar kembar dalam satu frame dan various filter yang menyediakan 11 filter yang bisa langsung dilihat melalui viewfinder kamera Neo 7. Kamera 8 MP milik Neo 7 andal untuk memotret bokeh serta tidak terlalu lambat saat beraksi di kondisi minim cahaya. Sebagai pelengkap, led flash siap memaksimalkan pengambilan foto dan rekaman video di segala kondisi cahaya.

Tampilan Menu Kamera Oppo Neo 7

Bagi penggemar foto selfie, Neo 7 hadir dengan kamera depan 5 MP plus fitur Beautify 3.0. Fitur Beauty mampu menjadikan wajah Anda terlihat lebih menarik. Sebagai tambahan, kamera depan Neo 7 juga dilengkapi dengan kemampuan foto cahaya rendah dengan menggunakan fitur fill light selfie, selfie dalam kondisi gelap tanpa perlu lampu tambahan. Oppo juga membekali kamera depan Neo 7 dengan aperture F/2.4 yang membuatnya mampu menghasilkan foto selfie jernih meskipun pada kondisi cayaha low light.

Baterai

Untuk urusan baterai, Oppo Neo 7 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2.420 mah. Cukup untuk pemakaian sehari-hari. Sayangnya baterai tersebut tidak bisa kita lepas, karena Oppo Neo 7 menganut konsep desain unibody.

Fitur Tambahan

Selain performa yang tetap stabil, platform OS terbaru di smartphone berlayar 5 inci qHD ini juga menghadirkan beragam fitur baru yang cukup membantu Anda memaksimalkan fungsi smartphone diantaranya adalah Gesture dan Motion. Saat layar mati, Anda bisa mengakses atau membuka aplikasi dengan hanya menggunakan karakter tertentu. Contohnya, karakter huruf C untuk membuka menu kamera. Atau bisa juga untuk mengontrol music player dengan karakter huruf M. Anda bisa memilih karakter yang ingin Anda gunakan di menu pengaturan.

Neo 7 juga dilengkapi dengan fitur mode satu tangan (one hand). Mode ini bisa diaktifkan dengan melakukan gerakan geser dari sudut kiri/kanan bawah tepat ke tengah layar.

Bagi yang ingin membuat screenshot panjang dari tampilan browser maupun dialog chatting, Anda cukup menggunakan kombinasi tombol power dan volume atas untuk membuat screenshot 8 halaman langsung dengan satu langkah. Cukup menarik, bukan?

Kesimpulan

Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar 1 jutaan, Anda akan mendapatkan smartphone dengan kualitas bagus untuk pemakaian standar, desain premium dan glossy.

Kualitas kamera yang bisa menjadi andalan, baik landscape maupun selfie, serta performa yang smooth dibantu oleh ColorOS buatan Oppo.

Dukungan kabel OTG bisa menjadi nilai tambah untuk Oppo Neo 7.

Smartphone ini tidak menjadi rekomendasi bagi Anda yang gemar melihat konten multimedia dengan kualitas HD karena layar yang digunakan masih sebatas qHD.

Bagi Anda yang sudah berada di jangkauan signal 4G, Anda harus rela cukup dengan koneksi 3G di smartphone ini.

BELI OPPO NEO 7 A1603 DI LAZADA (GRATIS POWERBANK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *