Definisi Laptop, Fungsi serta Jenis-jenis Laptop yang Harus Anda Ketahui

Laptop? Iya, sebuah benda yang sudah sangat familiar di telinga kita, terutama bagi pelajar dan pegawai kantoran. Laptop merupakan sebuah benda wajib yang dimiliki oleh mahasiswa yang diwajibkan mengerjakan tugas akhir, atau bagi karyawan yang harus menyelesaikan laporan tiap akhir bulan. Akan tetapi, bagi sebagian orang, terutama yang masih jauh dari jangkauan teknologi, masih banyak yang belum pernah melihat laptop secara langsung. Bahkan, ada yang tidak mengetahui laptop itu sebenarnya benda apa. Di Indonesia sendiri, masih banyak daerah terpencil yang belum tersentuh majunya teknologi seperti yang dirasakan oleh warga kota. Berikut saya akan mencoba menjabarkan definisi laptop, pengertian dan jenis laptop secara umum.

Definisi Laptop

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi laptop adalah sebagai berikut:

laptop /lap·top/ n komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang

Sedangkan menurut situs Wikipedia,

laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut

Dari pengertian laptop di atas, dapat ditarik kesaimpulan bahwa laptop atau yang disebut komputer jinjing dalam Bahasa Indonesia merupakan versi mini dari komputer. Dengan dimensi yang lebih kecil dan kompak, laptop merupakan suatu kesatuan dari komponen komputer yang meliputi layar, keyboard, baterai, dan mikroprosesor, yang mana semua itu menjadi satu dalam bentuk sebuah benda yang disebut laptop.

Definisi laptop, Komponen laptop

Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Berbeda dengan komputer yang harus menggunakan sumber daya AC agar bisa digunakan, sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Karena laptop didesain agar bisa digunakan di mana saja, laptop bisa digunakan tanpa harus terhubung ke stop kontak (sumber listrik). Sumber listrik digunakan saat ingin mengisi ulang baterai atau saat baterai sedang low. Prinsip kerjanya sama dengan ponsel.

Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard pada laptop juga dilengkapi dengan touchpad yang berfungsi sebagai pengganti mouse. Keyboard dan mouse tambahan bisa digunakan dengan menghubungkan ke port USB atau menggunakan wireless (biasa menggunakan jaringan bluetooth).

Jenis-jenis laptop

Netbook

Netbook biasanya memiliki ukuran 10 inci – 12 inci dan umumnya menggunakan prosesor Intel Atom. Jenis laptop ini biasa memiliki bobot yang lebih ringan, kurang lebih 1 kg.

Netbook mulai populer ketika Asus mengeluarkan produk bernama Eee PC. Saat pertama kali diluncurkan, netbook dengan harga murah ini menggunakan harddisk layaknya sebuah media penyimpan portabel USB Flash Disk (UFD), dengan kapasitas rendah 4GB.

Definisi laptop, Eee PC ASUS

 

Mainstream

Jenis ini merupakan jenis laptop secara umum atau lebih sering disebut notebook. Laptop ini memiliki ciri yaitu prosesor yang digunakan, misalnya Intel Core i5, i3, dan Core 2 Duo, memori RAM minimal 2GB, memiliki Drive untuk membaca dan menulis DVD, keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80% dari lebarnya sendiri.

Definisi laptop, Laptop jenis mainstream

 

Tablet PC

Perangkat ini lebih portabel dibandingkan jenis laptop lainnya. Memiliki layar sentuh sehingga mudah diputar, dan mudah dibawa ke mana saja. Mulai 2010, perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dikomandani oleh Apple Inc. yang menghadirkan iPad ke pasaran. Namun, ada perbedaan antara Tablet PC dan iPad, yaitu:

  • Tablet PC menggunakan stylus dalam pengoperasiannya. Sedangkan iPad menggunakan jari.
  • Tablet PC dibuat dengan fungsi laptop, sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.
Definisi laptop, Tablet PC

 

Laptop secara signifikan lebih lambat daripada komputer desktop. tetapi kemajuan teknologi manufaktur telah memungkinkan laptop memiliki kemampuan dan spesifikasi hampir sama dengan komputer desktop (PC). Bahkan, laptop high-end memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan komputer desktop.Kebanyakan laptop juga terdiri dari beberapa I/O port, seperti USB port, yang memungkinkan keyboard standar dan mousebisa digunakan pada laptop. Laptop modern juga sudah memiliki adaptor jaringan nirkabel / wireless, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa memerlukan kabel melalui jaringan WiFi.

Beberapa merk laptop terkenal yang beredar di Indonesia seperti Acer, Apple, ASUS, Axioo, Compaq, Dell, Hewlett-Packard (HP), Lenovo, Sony, Toshiba.

Definisi laptop, Laptop ASUS
Demikian artikel mengenai definisi dan jenis laptop, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Tinggalkan pesan Anda melalui kotak komentar di bawah.
Baca Juga:  Sayangi Laptop Anda, Jaga dan Rawat Baterainya

4 tanggapan untuk “Definisi Laptop, Fungsi serta Jenis-jenis Laptop yang Harus Anda Ketahui

  • 2 Maret, 2017 pada 3:53 pm
    Permalink

    Pas mau beli laptop, pas ada info tentang laptop ini. Nice info bg

    Balas
  • 2 Maret, 2017 pada 3:56 pm
    Permalink

    Info yang lengkap utk referensi kita apabila mau membeli laptop.

    Balas
  • 2 Maret, 2017 pada 3:58 pm
    Permalink

    Untuk laptop yang layar sentuh seperti laptop keluaran sekarang bagaimana tingkat ketahanannya ya Bg.

    Balas
    • 12 Maret, 2017 pada 9:18 am
      Permalink

      Laptop keluaran terbaru sekarang rata-rata sudah memiliki tingkat ketahanan yang baik. Selebihnya tergantung cara pemakaian dan perawatan pemilik.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *