Astra dan Dunia Teknologi Indonesia

Siapa yang tidak kenal Astra? Perusahaan multinasional yang berdiri sejak 1957 mampu melewati masa-masa sulit hingga menjadi perusahaan besar saat ini. Menjadi salah satu perusahaan otomotif raksasa di Indonesia, Astra membuktikan kejayaannya dengan menjadi distributor tunggal produk otomotif besar seperti Toyota, Daihatsu, dan Honda. Selain itu, Astra juga menjadi distributor tunggal mesin perkantoran Xerox di Indonesia. Kerjasama Astra dan Xerox pada tahun 1970 tersebut menjadi langkah awal Astra dan dunia teknlogi Indonesia.

Astra dan dunia teknologi indonesia

Langkah Awal Astra dan Dunia Teknologi Indonesia

Tepat 5 tahun setelah menjadi distributor tunggal Xerox, Astra mendirikan anak perusahaan baru yang diberi nama Astra Graphia. Astra Graphia merupakan satu-satunya perusahaan yang ada dan tidak dimiliki oleh Fuji Xerox maupun Xerox Corporation. Hal ini tidak lepas dari kedekatan pemilik lama Astra, Bapak William Suryadjaya dengan salah satu tokoh Fuji Xerox, Mr. Yotaro Kobayashi atau sebutannya sebagai Tony Kobayashi.

Astra Graphia adalah exclusive distributor dari Fuji Xerox, yang memasarkan mesin foto-copy, printer dan scanner. Menyebutkan diri sebagai document solution provider. Juga mempunyai outlet untuk menangani percetakan dengan nama Xprint.

Astra Graphia dan Pemerintah

November 2003, pengelola Bursa Efek Jakarta (BEJ) menggandeng Astra Graphia dan PT Broadband Multimedia Tbk. untuk membangun sistem perdagangan jarak jauh (remote trading). Ketiga pihak menandatangani naskah Memorandum of Understanding pada Kamis (8/11) malam di Gedung BEJ.

Baca Juga:  Internet, Sejarah dan Perkembangannya

Pengembangan sistem baru ini menelan biaya cukup besar. Untuk integrasi sistem, penyediaan peralatan utama dan cadangan mencapai sekitar US$1,6 juta. Sementara untuk biaya komunikasi datanya sebesar US$126 ribu.

Melalui fasilitas remote trading maka perdagangan bursa saham di BEJ dapat berlangsung dari jarak jauh. Selain akses atau transaksi yang lebih cepat atau (real time), perdagangan sistem baru ini juga memberi peluang untuk mengurangi terjadinya potensi human error dalam transaksi.

September 2017, Astragraphia bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerlntah (LKPP) dukung modernisasi pengadaan yang bersih dan akuntabel di jajaran pemerintahan Sulawesi Utara. Melalui Iayanan e-commerce Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Govemment (B2G), AXlQoe.com, turut mendukung terwujudnya hal tersebut melalui edukasi dan sosialisasi implementasi E-Katalog LKPP bagl aparatur penyelenggara pemerintahan.

“Komitmen pemerintahan Sulut untuk mewujudkan sistem pengadaan barang yang transparan dan akuntabel seiring dengan cita-cita AXI untuk bersama-sama dengan stakeholder terkait membangun ekosistem penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bersih dan berintegritas di era digital ini,” ujar Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia, Sahat Sihombing.

Kerja sama di atas hanya merupakan bagian kecil dari peran besar Astra dan dunia teknologi Indonesia. Masih banyak lagi peran lainnya yang sangat banyak jika harus disebutkan di sini. 60 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah perusahaan yang mampu bertahan dan semakin berkembang hingga saat ini. Mampu melewati masa-masa krisis, bertahan dan semakin melebarkan sayap.

Baca Juga:  5 Gadget Smart Home untuk Membuat Rumah Masa Depan Anda

Tidak dapat dipungkiri, kesuksesan Astra tidak lepas dari prinsip yang dipegang teguh oleh segenap anak perusahaan. Dengan slogan To Continually Strive For Excellence, terbukti Astra terus melaju dan menjadi pelopor serta panutan bagi perusahaan lain di Indonesia.

Selanjutnya kita tunggu gebrakan baru yang akan terus dilakukan oleh Astra dan anak-anak perusahaan lainnya. Semoga Astra dan dunia teknologi Indonesia ke depannya menjalin kerja sama dan kolaborasi yang selalu bisa menciptakan hal-hal baru. Masih banyak potensi yang belum digali dan dimaksimalkan, terutama di bidang teknologi informasi. Sumber daya yang tersedia harus bisa dikelola dengan optimal dan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *