Cara Mudah Menghentikan Restart Otomatis Windows Update

Jika Anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting di komputer, atau sedang mendownload file besar yang masih membutuhkan waktu berjam-jam, dan tiba-tiba muncul jendela notifikasi agar melakukan restart untuk menginstal update Windows, hal tersebut pastinya sangat mengganggu pekerjaan Anda.

Cara Menghentikan Restart Otomatis Windows Update

Anda bisa saja menunda restart tersebut bahkan hingga 4 jam kemudian, akan tetapi jendela notifikasi tersebut akan muncul kembali dan mengingatkan Anda untuk melakukan restart.

Satu-satunya cara agar jendela notifikasi tersebut tidak muncul lagi adalah dengan menghentikan service Windows Update yang sedang berjalan. Service tersebutlah yang menyebabkan jendela notifikasi restart selalu muncul. Anda bisa menghentikan service tersebut dengan membuka command prompt.

Bagi pengguna Windows 8 atau 10, klik kanan Start Menu lalu pilih Command Prompt (Admin). Bagi pengguna Windows 7, ketik cmd di kotak pencarian Start Menu, lalu tekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan.

Cara Menghentikan Restart Otomatis Windows Update

Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut:

net stop “windows update”

Kemudian tekan Enter.

Cara Menghentikan Restart Otomatis Windows Update

Perintah tersebut berfungsi untuk menghentikan service Windows Update untuk sementara hingga Anda melakukan restart Windows. Sekarang jendela notifikasi yang mengingatkan Anda untuk melakukan restart tidak akan muncul lagi.

Demikian tutorial untuk menghentikan restart otomatis pada Windows Update.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Bootable USB Flashdisk untuk Install Windows

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *