Cara Mudah Membuat Shortcut Folder dan Item di Start Menu Windows 10

Start Menu di Windwos 10 (di Tablet dikenal dengan nama Start Screen) memungkinkan Anda untuk membuat shortcut dari banyak item, tidak hanya aplikasi. Anda bisa membuat shortcut folder, website, pintasan untuk Setting, email, catatan, serta kontak.

Cara Mudah Membuat Shortcut Folder dan Item di Start Menu Windows 10

Cara ini bisa memberikan Anda jalan pintas untuk membuka item-item tersebut, cukup dengan membuka Start Menu. Hal mendasar yang bisa Anda lakukan adalah membuat shortcut Aplikasi dengan cara membuka “All apps”, klik kanan pada aplikasi yang ingin dibuat shortcut, pilih “Pin to Start”.

Folder, Drive, Libraries, Network Locations dan HomeGroup Folders

Untuk membuat shortcut dari sebuah folder di Start Menu, cukup buka File Explorer, klik kanan pada folder tersebut, pilih “Pin to Start”

Cara Mudah Membuat Shortcut Folder dan Item di Start Menu Windows 10

Anda juga bisa klik kanan pada sebuah drive, seperti drive C: atau D:, kemudian pilih “Pin to Start untuk membuat shortcut drive tersebut di Start Menu. Cara ini juga bisa dilakukan untuk libraries, network locations dan Homegroup.

Anda tidak bisa membuat shortcut file pribadi di Start Menu, kecuali file tersebut memiliki ekstensi .exe.

Website

Browser Microsoft Edge bisa Anda gunakan untuk membuat shortcut sebuah website favorit Anda. Buka browser Edge, buka situs favorit Anda. Klik tombol menu/option, pilih “Pin this page to Start”.

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Start Menu Windows 10

Jika website favorit Anda mendukung fitur live tile, Anda bisa melihat update terbaru dari website tersebut melalui Start Menu.

Baca Juga:  Cara Mudah Menghentikan Restart Otomatis Windows Update

Setting

Anda juga bisa membuat shortcut kategori Setting tertentu. Buka Setting, kemudian klik kanan pada kategori Setting yang Anda inginkan, lalu pilih “Pin to start”. Sebagai contoh Anda ingin membuat shortcut dari Accounts Setting, buat shortcut, dan Anda bisa langsung membukanya melalui Start Menu.

Cara Mudah Membuat Shortcut Setting di Start Menu Windows 10

 

Email

Aplikasi Email juga bisa Anda buat shortcut di Start Menu. Anda bahkan juga bisa membuat shortcut dari folder email yang Anda miliki, misalnya Inbox. Jika Anda memiliki beberapa akun di apkikasi Email, Anda bisa membuat shortcut untuk akun tertentu di Start Menu. Klik kanan pada akun atau folder yang ingin Anda buat shortcut, pilih “Pin to Start” atau “Sematkan ke Mulai” jika Anda menggunakan Windows berbahasa Indonesia.

Cara Mudah Membuat Shortcut Email di Start Menu Windows 10

 

Catatan/Notes

Aplikasi OneNote bisa Anda gunakan untuk membuat shortcut catatan yang Anda buat. Anda bisa menggunakan shortcut tersebut untuk bisa langsung membuka catatan favorit Anda tanpa harus membuka halaman utama aplikasi OneNote.

Buka OneNote (aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan Windows 10), klik kanan pada halaman catatan yang ingin Anda buat shortcut, pilih “Pin to Start” atau “Sematkan ke Mulai” jika Anda menggunakan Windows berbahasa Indonesia.

Cara Mudah Membuat Shortcut Notes/Catatan di Start Menu Windows 10

 

Kontak

Sahabat terbaik Anda mungkin menjadi salah satu kontak yang paling sering Anda hubungi. Anda bisa membuat shortcut kontak sahabat Anda tersebut di Start Menu. Buka aplikasi People atau Social, cari kontak yang ingin Anda buat shortcut, klik kanan lalu pilih “Pin to Start” atau “Sematkan ke Mulai” jika Anda menggunakan Windows berbahasa Indonesia.

Cara Mudah Membuat Shortcut Kontak/Contact di Start Menu Windows 10

Untuk menghapus shortcut yang telah Anda buat, cukup klik kanan pada shortcut tersebut, pilih “Unpin from Start”. Anda juga bisa mengubah ukuran tile dari shortcut favorit Anda, klik kanan, pilih “Resize” lalu tentukan ukuran tile yang Anda inginkan. Jika Anda tidak ingin live tile aktif pada shortcut, klik kanan, pilih “More” lalu pilih “Turn live tile off”.

Cara Mudah Mengubah Size/Ukuran di Start Menu Windows 10

 

Cara Mudah Mengubah Menghilangkan Live Tile di Start Menu Windows 10

Anda bebas untuk menyusun ulang shortcut yang telah Anda buat. Drag dan drop ikon yang Anda inginkan, atur sesuai dengan keinginan Anda. Demikian tutorial cara mudah membuat shortcut di Start Menu Windows 10.

Baca Juga:  Kumpulan Lengkap Shortcut di File Explorer Windows

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *