Cara Mudah Membuat Bootable USB Flashdisk untuk Install Windows

Bagi Anda yang ingin menginstall Windows di laptop, baik Windows 7, 8 atau Windows 10, Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk membuat media bootable, salah satunya adalah dengan menggunakan USB flashdisk. Menginstall Windows menggunakan flashdisk tidak bisa dilakukan hanya dengan mencopy secara langsung file installer Windows ke flashdisk Anda. Dibutuhkan cara atau software khusus agar flashdisk Anda bisa digunakan sebagai media booting (bootable).

Membuat bootable flashdisk menggunakan Rufus

Softaware yang saya gunakan adalah Rufus, sebuah software gratis yang cukup andal menurut saya. Selama pengalaman saya menginstall Windows, saya selalu menggunakan Rufus dan selalu lancar. Bukan hanya bisa digunakan untuk membuat bootable flashdisk Windows, Rufus juga bisa digunakan untuk menginstall sistem operasi lain seperti Linux. Berikut tutorial cara membuat bootable USB flashdisk menggunakan Rufus untuk menginstall Windows. Link download Rufus bisa Anda lihat di bagian akhir posting.

Membuat bootable USB flashdisk dengan Rufus

Setelah software Rufus terbuka, langkah pertama adalah memilih flashdisk yang akan Anda gunakan. Saya sarankan Anda menggunakan flashdisk dengan ukuran minimal 4 GB agar proses copy file Windows nantinya akan lancar. Backup data flashdik Anda terlebih dahulu karena Rufus akan memformat flashdisk Anda nantinya.
Memilih device
Kemudian pilih jenis skema partisi dan jenis boot komputer atau laptop Anda. Pastikan Anda mengetahui jenis skema partisi laptop Anda, apakah GPT atau MBR, dan jenis boot apakah UEFI atau BIOS. Jika laptop Anda merupakan jenis terbaru (laptop keluaran dua/tiga tahun terakhir), maka pilih “GPT partition scheme for UEFI”. Jika Anda tidak yakin, bisa pilih “MBR partition scheme for BIOS or UEFI”. SIlakan Anda bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Memilih jenis skema partisi komputer
Langkah selanjutnya adalah memberi nama atau label pada flashdisk sesuai keinginan Anda, contoh di sini saya gunakan label “Windows 10”.
Memberi nama atau label pada flashdisk
Berikutnya, pilih jenis file installer Windows yang akan Anda gunakan pada pilihan “Format Options”. Jika file Windows Anda merupakan hasil download, biasanya berjenis ISO. Biarkan centang pada pilihan sesuai default. Lalu klik pada lambang CD yang ada di sisi kanan untuk memilih file installer Windows Anda.
Memilih jenis file installer Windows
Memilih file installer Windows
Setelah memilih file installer Windows, klik tombol “Start” untuk memulai proses pembuatan bootable flashdisk.
Memulai proses pembuatan bootable flashdisk
Jika muncul peringatan seperti gambar berikut, langsung saja klik OK. Seperti yang saya tulis di awal, pastikan Anda telah membackup data di flashdisk Anda, karena setelah Anda memilih OK, flashdisk Anda akan diformat oleh Rufus agar bisa menjadi bootable.
Warning flashdisk akan diformat
Tunggu hingga proses selesai. Lamanya proses tergantung jenis laptop atau komputer Anda serta jenis falshdisk yang Anda gunakan. Saya pribadi menggunakan laptop Toshiba L740 dan flashdisk V-GeN jadul, memakan waktu 9 menit 43 detik. Pastikan flashdisk Anda tidak tercabut agar tidak terjadi error.
Proses pembuatan bootable flashdisk
Akan muncul tulisan “READY” jika proses sudah selesai. Klik “Close”.
Membuat bootable flashdisk selesai
Sekarang periksa di Explorer, jika flashdisk Anda telah berubah namanya dan isi di dalamnya sudah terdapat file-file dan folder installer Windows, maka Anda sudah siap mengistall Windows menggunakan flashdisk tersebut.
Mengecek flashdisk
Demikian tutorial cara mudah membuat bootable flashdisk menggunakan Rufus untuk menginstall Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.
Baca Juga:  Mengenal Menu Sound Settings di Volume Mixer Windows 7

Satu tanggapan untuk “Cara Mudah Membuat Bootable USB Flashdisk untuk Install Windows

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *