Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak, Wujud Nyata Semangat Kampung Indonesia

Astra dikenal sebagai perusahaan besar di Indonesia yang telah berdiri sejak 1957. Memegang teguh filosofi bisnis yang diberi nama Catur Dharma, Astra selalu berusaha memberikan kontribusi maksimal di seluruh aspek kehidupan. Astra tidak sekedar menjadi perusahaan multi nasional yang bergerak di berbagai bidang. Astra kini telah menjelma menjadi bagian penting dalam pembangunan bangsa. Termasuk di Kalimantan Barat, Astra ikut berperan dalam pengembangan masyarakat. Salah satu peran Astra tersebut adalah melalui program Kampung Berseri Astra (KBA).

Kampung Berseri Astra (KBA)

KBA merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan. Program ini mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Program yang telah berjalan sejak 2013 ini berhasil membangun 77 KBA yang tersebar di 34 provinsi. Melalui program KBA ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Setiap kampung yang mengikuti program KBA memiliki keunggulan masing-masing dan kebutuhan yang beragam, sehingga setiap kampung memiliki ciri khas sendiri. Pihak Astra tidak memberikan dana, namun memberikan beragam pelatihan dan alat-alat pendukung program tersebut. Untuk menyukseskan program KBA ini, Astra menjalin kerja sama dengan tokoh penggerak yang memegang peranan penting dan masyarakat yang berkeinginan untuk maju serta potensi kearifan lokal yang unggul.

Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak

Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak

Di Kalimantan Barat, Kampung Berseri Astra terletak di Kelurahan Sungai Jawi. KBA Sungai Jawi didirikan pada tahun 2016 dengan luas wilayah 221.000 meter persegi. Memasuki KBA Sungai Jawi, akan terasa semangat yang terlihat dari warna warni di lingkungan kampung. Mulai dari plang jalan, denah kampung, rambu-rambu dan tembok yang penuh lukisan dengan tema Astra.

Baca Juga:  Astra dan Dunia Teknologi Indonesia

Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak

Selain itu, di KBA Sungai Jawi juga bisa ditemukan kebun yang diberi nama Kebun Toga Margo Indah. Ditumbuhi berbagai tanaman membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan asri.

Fasilitas kesehatan juga tidak luput dari perhatian Astra dan warga. Terdapat Posyandu Peduli Bangsa yang bisa dimanfaatkan warga sebagai pusat kesehatan kampung terutama bagi para ibu dan bayinya.

Berkat mengikuti Kampung Berseri Astra, kampung ini terlihat berbeda dengan kampung lainnya di Pontianak. Tertata rapi dan lebih bersih serta asri. Peran serta Astra di berbagai sektor masyarakat menjadikan KBA layak dicontoh oleh kampung dan daerah lain.

Astra mendukung kampung menjadi lebih mandiri serta produktif. Dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia, KBA Sungai Jawi hadir dengan ciri khas yang menjadi pembeda dengan kampung lain. Budaya gotong royong kembali dihidupkan dalam setiap kegiatan.

Ke depan diharapkan KBA bisa menjadi lebih maju di segala bidang, khususnya teknologi. Setiap kemajuan yang diikuti teknologi akan mampu menjadikan kampung lebih mudah dikenal dan bersaing.

Demikian ulasan tentang Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak. Jika ada pengalaman dan pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar di bawah. Salam Satu Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *