Mengenal Fungsi Esc Pada Keyboard yang Jarang Anda Ketahui

Pada keyboard komputer, tombol Esc (dinamai tombol Escape berdasarkan seri standar internasional ISO/IEC 9995) merupakan sebuah tombol yang digunakan sebagai karakter Escape (ASCII kode 27 dalam desimal, Unicode U+001B, atau Ctrl+[ pada keyboard tradisional). Tombol Esc terletak pada pojok kiri keyboard, sejajar dengan tombol F1-F12. Penempatan ini merujuk pada keyboard pertama buatan IBM. Berikut akan saya jabarkan fungsi Esc pada keyboard.

Awal Pembuatan Tombol Esc

Pembuatan tombol Esc merupakan hasil kreasi Bob Bemer, seorang programer komputer yang bekerja di IBM. Dia menciptakan tombol Escape pada tahun 1960 agar para programer pada saat itu bisa beralih dari satu jenis kode ke jenis kode lain pada saat melakukan programming.

fungsi esc pada keyboard
Penempatan tombol Esc pada keyboard tradisional

Semenjak pengguna komputer tidak lagi terlalu fokus pada detail penggunaan perangkat komputer yang dimilikinya, fungsi tombol Esc pada keyboard mulai mengalami perubahan. Saat ini, tombol Esc yang didesain programer aplikasi lebih sering difungsikan sebagai perintah Stop. Contohnya pada perangkat komputer dengan sistem operasi Windows, tombol Esc digunakan sebagai shortcut pada kotak dialog yang fungsinya sebagai perintah No, Quit, Exit, atau Abort. Tombol Esc juga sangat umum digunakan sebagai shortcut untuk perintah Stop pada kebanyakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer, Opera, dan sebagainya.

Tombol Esc di Windows

Pada komputer atau laptop yang menggunakan Windows, tombol Esc juga bisa dikombinasikan dengan tombol Ctrl untuk membuka Start Menu dengan cara menekan dan menahan tombol Ctrl lalu menekan tombol Esc. Kombinasi tombol Ctrl+Esc masih bisa digunakan hingga saat ini, termasuk pada Windows 8.1 dan Windows 10. Microsoft Windows menjadikan Esc sebagai beberapa shortcut melalui kombinasi dengan tombol lain. Sebagian besar shortcut tersebut sudah ada sejak era Windows 3.0, hingga Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10.

Baca Juga:  Astra dan Dunia Teknologi Indonesia
fungsi esc pada keyboard
Tombol Esc pada keyboard masa kini

Tombol Esc di Mac OS

Pada OS X (Mac OS), Esc digunakan sebagai perintah Close atau Cancel pada sebuah dialog atau sheet. Kombinasi tombol Command+Option+Esc berfungsi untuk membuka dialog Force Quit yang digunakan untuk menghentikan secara paksa sebuah program yang tidak merespon (not responding) atau istilah sekarang program yang sedang hang. Fungsi lain tombol Esc apabila dikombinasikan dengan tombol Command adalah untuk beralih ke Front Row, jika telah terinstall.

Pada sebagian besar komputer game, tombol Esc digunakan sebagai tombol Pause dan membuka menu atau option dalam game, biasanya juga digunakan untuk keluar dari game (exit game).

fungsi esc pada keyboard
Penempatan tombol Esc pada keyboard

Fungsi Esc pada Keyboard

Berikut fungsi Esc pada keyboard dengan OS Windows:

  • Esc: membatalkan dialog/perintah. Contohnya saat Anda ingin membuka file melalui Microsoft Office dengan menekan Ctrl+O, lalu tiba-tiba Anda baru sadar ternyata dokumen sebelumnya belum Anda simpan, Anda bisa dengan seketika menutup kotak dialog Open tersebut dengan menekan tombol Esc. Pada browser, Anda bisa menekan Esc untuk menghentikan proses loading halaman web yang sedang Anda buka. Di Explorer, Anda bisa menghentikan prose pencarian item dengan menekan Esc.
  • Ctrl+Esc: membuka Start Menu. Kombinasi tombol ini sudah ada sejak Windows XP hingga Windows 10 saat ini. Cukup tekan Ctrl+Esc, Start Menu akan terbuka dan Anda bisa memilih item atau program di daftar Start Menu menggunakan tombol panah lalu Enter.
  • Alt+Esc: membuka program atau kotak dialog yang dibuka satu tahap sebelumnya. Saya berikan contoh seperti ini, Anda menyalakan komputer, lalu membuka program Notepad, lalu Office dan terakhir Anda membuka browser. Pada saat browser sudah terbuka dan Anda ingin beralih ke program yang Anda buka sebelumnya (Office), cukup tekan Alt+Esc. Kemudian Anda juga ingin beralih ke program yang Anda buka sebelum Office, yaitu Notepad, cukup tekan Alt+Esc sekali lagi. Cukup simple, bukan?
  • Ctrl+Shift+Esc: membuka Task Manager. Task Manager merupakan salah satu tool sistem Windows yang sangat berguna untuk mengontrol program dan service yang sedang berjalan. Melalui Task Manager, Anda bisa membuka dan menghentikan sebuah program atau service. Di Windows 8 dan Windows 10, Anda bahkan bisa mengatur startup program dan memonitor secara langsung performa dan kinerja RAM serta hardisk. Cukup tekan Ctrl+Shift+Esc untuk membuka Task Manager.
Baca Juga:  Kumpulan Lengkap Shortcut Keyboard di Windows

Demikian artikel tentang fungsi Esc pada keyboard. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *