Dukungan untuk Windows 7 dan 8.1 Akan Dihentikan

Baru-baru ini pihak Microsoft merilis daftar komputer yang akan mendapat dukungan Windows versi lama, tapi hanya terbatas selama satu setengah tahun ke depan.

Dukungan Windows 7 dan Windos 8.1 dihentikan

Menyusul pengumuman minggu lalu yang menyatakan bahwa Windows versi lama tidak akan mendapat dukungan maupun pembaruan pada perangkat yang menggunakan chip terbaru, baik buatan Intel maupun perusahaan lain. Microsoft juga telah merilis daftar awal sistem yang menggunakan prosesor 6th Generation Intel Core (contohnya Skylake). Perangkat komputer yang menggunakan sistem tersebut akan mendapat dukungan untuk Windows versi lama (Windows 7 dan 8.1) hingga 17 Juli 2017.

“Beberapa waktu ke depan, seiring dengan generasi silikon yang baru diperkenalkan, akan dibutuhkan platform Windows teranyar,” Terry Myerson, Wakil Presiden Eksekutif Microsoft, mengeluarkan pernyataan tersebut pada akhir pekan lalu di blognya. “Windows 7 didesain 10 tahun yang lalu” dan daftar koding pemogramannya sudah tidak cocok lagi digunakan pada chip terbaru, terutama untuk kalangan bisnis, kata Myerson.

Daftar awal sistem yang dirilis Microsoft meliputi produk-produk ternama seperti Hewlett-Packard, Dell, Lenovo dan NEC. Daftar-daftar tersebut bisa dicek di situs masing-masing produk.

“Daftar tersebut bukan daftar final dan akan terus diupdate untuk hingga beberapa bulan ke depan,” kata juru bicara Microsoft dalam sebuah email yang dikirim ke Foxnews.com.

“Dell merekomendasikan penggunanya untuk melakukan upgrade pada perangkat dengan sistem Skylake ke Windows 10 agar bisa terus mendapatkan dukungan hingga Juli 2017 atau mempertimbangkan layanan ProSupport Dell,” ungkap pihak Dell di halaman dukungan situs mereka. “Dell akan terus melakukan usaha terbaik untuk tetap memberikan dukungan bagi pengguna perangkat sistem Skylake dengan sistem operasi Windows 7/8.1 melalui layanan ProSupport,” tambah Dell dalam pernyataannya.

Baca Juga:  2 Cara Mematikan dan Mengatur Fitur Update Otomatis Windows 10

“Microsoft telah mengumumkan bahwa dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8.1 akan berakhir pada 17 Juli 2017 bagi semua sistem dengan prosesor Intel Skylake. Ini berarti semua fitur dan update keamanan akan berakhir pada tanggal tersebut dan pengguna harus beralih ke Windows 10 sebelum waktu akhir yang ditetapkan pihak Microsoft tersebut,” ungkap Lenovo di situsnya.

Jangan kuatir jika Anda merupakan pengguna Windows 7 atau 8.1 dengan chip prosesor sebelum Skylake. Windows 7 akan tetap mendapat dukungan untuk “keamanan, keandalan dan kesesuaian” hingga 14 Januari 2020 pada prosesor Intel dan AMD yang lebih lawas. Windows 8.1 juga akan mendapat dukungan yang sama hingga 10 Januari 2023, kata Myerson akhir pekan lalu.

Intel sebagai salah satu pihak yang memiliki faktor penting bagi Microsoft, menyarankan pengguna untuk beralih dan mengupgrade sistem operasi mereka ke Windows 10. Bahkan di situsnya, Intel memberikan alasan mengapa Windows 10 akan berjalan baik di chip terbaru milik mereka. Perlu juga menjadi perhatian, beberapa hal bisa saja merupakan teknik pemasaran untuk meyakinkan pengguna membeli perangkat komputer baru. Tapi Intel dikabarkan juga telah membuat prosesor baru dengan memberikan beberapa peningkatan untuk fitur-fitur Windows 10.

Peningkatan tersebut meliputi autentikasi biometrik dalam bentuk Windows Hello, memungkinkan Anda bisa lebih cepat mengakses perangkat komputer melalui pengenalan wajah atau sidik jari. Prinsip utama dari Windows Hello adalah untuk membuat komputer lebih aman. Intel juga memperkenalkan teknologi koneksi terbaru mereka melalui sistem Skylake seperti USB tipe C, konektor USB yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan konektor USB yang ada saat ini. Dell contohnya, menggunakan konektor USB tersebut di laptop dengan sistem Skylake pada tipe XPS 13 dan XPS 15.

Baca Juga:  Cara Mudah dan Lengkap Setting Email di Windows 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *