Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015 yang Harus Anda Ketahui

Di awal tahun 2015, sebagian besar orang berpikir tarif operator seluler akan menjadi lebih murah dan terjangkau. Namun, kenyataannya, seiring dengan perkembangan teknlogi jaringan, tarif yang diterapkan operator seluler juga semakin naik. Bukan hanya di Indonesia, di luar negeri, terutama di Amerika dan Eropa juga mengalami hal yang sama.

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Selain isu tarif operator seluler, berikut adalah beberapa topik terbaik di bidang teknologi di tahun 2015.

Inovasi Terbaik, Sentuhan 3D (3D Touch)

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, bisa dikatakan hal yang sulit untuk menemukan dan membuat sebuah inovasi yang benar-benar berbeda dan menjadi hal besar. Akan tetapi hal ini mampu ditepis Apple dengan merilis iPhone 6S’ yang memiliki fitur sentuhan 3D.

Sentuhan 3D mengukur seberapa kuat pengguna menekan layar. Prinsip kerjanya mirip klik kanan pada mouse atau touchpad. Pengguna bisa menekan dengan keras pada layar untuk memuculkan link, melihat kontak yang paling sering dihubungi, atau untuk melihat slideshow foto.

Software Terbaik, Now on Tap

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Jika menggunakan fitur biasa, membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk mencari sesuatu menggunakan smarthpone. Fitur terbaru Google, Now on Tap hanya membutuhkan waktu 3 detik untuk melakukan hal tersebut.

Now on Tap dirilis pada bulan Oktober pada sistem operasi Android terbaru yaitu Android Marshmallow. Melalui sebuah website atau sebuah aplikasi di smartphone, pengguna cukup menahan tombol menu untuk menampilkan segala sesuatu yang berhubungan dengan apa yang ditampilkan di layar smartphone dalam waktu yang sangat singkat. Pengguna juga bisa memberikan perintah atau memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang pengguna lihat di layar.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Partisi GPT

CEO Terbaik: Mark Zuckerberg

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Tidak diragukan lagu, Mark Zuckerberg layak dinobatkan sebagai CEO terbaik di bidang teknologi di tahun 2015. Harga saham Facebook mencapai tingkat tertinggi, dan perusahaan tersebut juga merilis fitur-fitur baru yang memiliki manfaat besar bagi pengguna, termasuk fitur pencarian universal (universal search)

Akan tetapi, di luar semua itu, Mark Zuckerberg memliki peran yang sangat luar biasa, terutama di bidang sosial dan pendidikan. Mark menyediakan jaringan internet untuk perkembangan dunia dan membantu meningkatkan pendidikan bagi anak-anak di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Selain itu, Mark juga secara resmi telah mengumumkan bahwa dirinya akan menjadi seorang ayah.

Gadget Terbaik, Surface Pro 4

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Microsoft telah merilis 3 produk laptop Surface tahun ini, di mana ketiganya merupakan PC-tablet hybrid terbaik. Surface Pro 4 merupakan yang terbaik dibandingkan dengan dua produk Surface lainnya. PC-tablet yang sangat powerful bagi kebutuhan semua orang, dengan harga terjangkau serta desain yang tipis dan super ringan.

Film Teknologi Terbaik, Steve Jobs

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Sebuah film karya Danny Boyle yang cukup kontroversional, film yang bertema biografi ini merupakan salah satu karya terbaik yang sangat menggambarkan bagaimana sosok seorang Steve Jobs.

Film ini secara garis bebas memang fokus pada momen terburuk Steve Jobs. Akan tetapi, Aaron Sorkin, penulis naskah film tersebut, mampu mempelihatkan kepada penonton sebuah cerita tentang kode pada komputer, ruang rapat sebuah perusahaan teknologi, serta bagaimana presentasi yang dilakukan seorang pengusaha di bidang teknologi.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Partisi MBR

Internet Terbaik, Gogo 2Ku

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Anda bisa menemukan dan menggunakan jaringan WiFI dengan koneksi kencang di mana saja, tapi tidak di pesawat terbang. Di tahun 2015, hal tersebut berubah.

Gogo, sebuah perusahaan penyedia jaringan WiFi di dua pertiga armada pesawat Amerika Utara, pada bulan November merilis teknologi WiFi terbaru, dengan kecepatan 7x lebih cepat dibandingkan jaringan WiFi reguler di pesawat yang telah ada sebelumnya. Pengguna tidak akan mengalami kesulitan jika ingin menonton melalui jalur streaming.

Fitur Keamanan Terbaik, Windows Hello

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Password sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan saat ini. Tapi, masaih terdapat dua kekurangan utama dari password, yaitu pengguna gampang lupa dan password kadang gampang untuk ditebak.

Fitur Hello besutan Microsoft mampu mengatasi kendala tersebut. Cukup arahkan wajah ke PC atau laptop, pengguna akan langsung masuk ke Desktop.

Berita Teknologi Terbaik, Apple Watch

Topik Terbaik Teknologi Tahun 2015

Tidak ada berita teknologi lain di media yang mampu menyaingi popularitas Apple Watch. Tidak ada yang mengetahui secara pasti berapa banyak unit yang terjual, seberapa mewah gadget ini (beberapa versi bahkan dijual dengan harga 17 ribu dolar), dan seperti apa sensasi saat menggunakan produk tersebut. Hal ini menyebabkan banyaknya perdebatan di media, yang mengarah pada berita “kematian” Apple” dan “kekuasaan Apple”.

Apple Watch juga menjadi topik utama saat Rupert Murdoch (pemilik News Corporation) berpapasan dengan Joanna Stern, editor teknologi di The Wall Street Journal’s di pintu masuk dengan menggunakan Apple Watch di lengannya.

Baca Juga:  Mengenal 5G, Teknologi Jaringan Seluler Generasi Kelima

Demikian ulasan beberapa topik teknologi terbaik di tahun 2015. Kita nantikan topik-topik selanjutnya di tahun 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *