Samsung Galaxy A9 (2018), Harga dan Spesifikasi Lengkap Indonesia

Samsung sebagai produsen smartphone nomor satu di dunia, saat ini sedang dihadapkan dengan persaingan yang semakin berat. Flagship terjangkau seperti OnePlus 6T, Pocophone F1 dan deretan ponsel Xiaomi, Honor, serta vendor lain dari luar Tiongkok. Smartphone dengan performa flagship dan kamera yang sangat bagus, bisa dimiliki dengan harga terjangkau. Samsung sepertinya tidak berniat melakukan hal yang sama, seperti pada seri terbaru mereka, Samsung Galaxy A9.

Samsung Galaxy A9 menjadi ponsel pertama yang hadir dengan 4 kamera utama. Harga yang ditawarkan sekitar 8 juta rupiah. Berikut review harga dan spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A9 Indonesia.

Desain Samsung Galaxy A9

Desain Samsung Galaxy A9

Galaxy A9 terbuat dari bahan kaca dan logam. Dengan body slim dan ujung yang melengkung, smartphone besar ini jadi lebih nyaman saat digenggam. Tapi, saat dibandingkan dengan beberapa smartphone seperti OnePlus 6T atau Pocophone F1, Galaxy A9 terlihat lebih bongsor.

Desain Samsung Galaxy A9

Tersedia tiga pilihan warna yaitu hitam, pink, dan biru dengan tampilan warna gradasi. Bagian belakang ponsel yang terbuat dari kaca terasa licin dan meninggalkan bekas jari, terutama pada varian hitam. Ada baiknya kamu menggunakan case untuk mengatasi masalah tersebut.

Pilihan warna Samsung Galaxy A9

Dengan penampilan yang menarik tidak menjamin Galaxy A9 memiliki build quality yang baik. Saat digoyang, terdengar seperti ada sesuatu di dalam body. Terdapat tombol khusus untuk mengakses Bixby, asisten virtual Samsung.

Baca Juga:  Review iPhone X Indonesia, Smartphone Terbaik Apple

Di bagian belakang body Galaxy A9 terdapat empat kamera dan sensor finger print. Sensor sidik jari di smartphone ini cukup bisa diandalkan, baik saat melakukan registrasi maupun saat proses unlock.

Di bagian bawah body terdapat port USB tipe C, jack headphone 3,5 mm, serta single speaker. Di bagian atas, terdapat slot dual SIM dan slot microSD.

Desain Samsung Galaxy A9

Smartphone terbaru Samsung ini tidak memiliki kemampuan water proof, sehingga butuh perhatian lebih jika ingin menjadikannya teman sehari-hari.

Layar Samsung Galaxy A9

Samsung Galaxy A9 dilengkapi layar Super Amoled 6,3 inci Full HD (1080×2220 pixel). Tampilan layar Super Amoled Samsung tidak perlu diragukan lagi. Secara default, layar Galaxy A9 berada dalam mode Adaptive. Selain itu terdapat tiga setting tambahan yang bisa kamu gunakan.

Samsung memberi nama layarnya “Infinity Screen”. Tapi sayangnya masih terlihat jelas bezel terutama di bagian atas dan bawah. Layar ponsel ini tidak dihiasi dengan notch seperti smartphone terkini.

Fitur menarik dari layar Galaxy A9 adalah mode Always-on. Saat diaktifkan, layar akan menampilkan jam, tanggal, daya baterai dan notifikasi.

Performa Samsung Galaxy A9

Galaxy A9 dipersenjatai Snapdragon 660 dengan OS Android 8.0 Oreo. Prosesor ini dikenal bekerja cukup baik untuk smartphone kelas menengah.

Terdapat perbedaan yang mencolok saat Galaxy A9 dilakukan uji benchmark AnTuTu, termasuk saat dibandingkan dengan OnePlus 6T. Performa kurang apik ditampilkan Galaxy A9 terutama saat bermain game dan menjalankan aplikasi berat. Saat penggunaan harian standar atau sekedar bermain media sosial, Galaxy A9 cukup bisa diandalkan.

Baca Juga:  Apple iPhone 5 vs Samsung Galaxy S4
Skor AnTuTu Samsung Galaxy A9

Untuk urusan penyimpanan, Samsung melengkapi Galaxy A9 dengan memori internal hingga 128 GB, pilihan RAM 6 GB dan 8 GB. Jika memori tersebut dirasa masih kurang, kamu bisa memasang microSD hingga 512 GB, tanpa harus mengorbankan slot SIM 2.

Galaxy A9 memiliki baterai dengan kapasitas 3.800 mAh. Baterai ini bisa bertahan hingga 9 jam pada pemakaian normal dan bisa bertahan hingga 2 hari dalam keadaan stand by. Galaxy A9 sudah mendukung fast charging, tapi sayangnya tanpa fitur wireless charging.

Baterai Samsung Galaxy A9

Kamera Samsung Galaxy A9

Kamera Samsung Galaxy A9

Jika ditotalkan, ada lima kamera di Galaxy A9, termasuk kamera depan. Empat setup kamera utama meliputi kamera tele, ultra wide, dan mode potret (bokeh).

Berikut rincian kelima kamera Galaxy A9:

  • 24 MP kamera utama f/1,7
  • 10 MP kamera telefoto, 2x zoom f/2,4
  • 8 MP kamera ultra wide f/2,4, tanpa auto fokus
  • 5 MP kamera Live Focus f/2,2 untuk mode potret/bokeh
  • 24 MP f/2,0 kamera depan

Samsung mengklaim kamera Galaxy A9 akan menghasilkan foto yang sangat tajam dan bagus. Saat dilakukan zoom, detail foto akan tetap terlihat tajam. Dukungan empat kamera utama juga memungkinkan untuk memperbaiki foto saat hasilnya kurang maksimal.

Kesimpulan Akhir

Performa layar dan kemampuan fast charging bisa menjadi poin lebih untuk membeli Samsung Galaxy A9. Akan tetapi terdapat beberapa isu pada sektor kamera yang jika dibandingkan dengan smartphone kompetitor, kalah telak.

Baca Juga:  Review iOS 9

Tapi bagi kamu yang ingin memiliki smartphone dengan brand besar dan ternama (Samsung), Galaxy A9 bisa kamu jadikan gadget untuk pemakaian sehari-hari.

Nah, itulah review harga dan spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A9 2018 versi Indonesia. Jangan lupa tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *