Review iOS 9

iOS 9 diperkenalkan pada 9 Juni 2015 dengan empat sektor peningkatan, yaitu aplikasi baru, Multitasking, Intelligence, dan Foundation.  iOS 9 tidak hanya berubah secara tampilan, namun juga dilengkapi dengan berbagai fitur, aplikasi, hingga fungsi baru, termasuk multitasking.

Review iOS 9 Apple

Sesuai dengan janjinya untuk fokus pada perbaikan, stabilitas, peningkatan performa, dan keamanan, Apple tak menghadirkan perombakan desain besar-besaran dalam iOS 9, namun mereka menghadirkan satu aplikasi baru dan aplikasi lama dengan fitur dan wajah baru. Adapun aplikasi-aplikasi yang dimaksud mencakup News, Notes, Maps, Wallet, dan CarPlay.

Fitur pertama yang kemampuannya jauh meningkat adalah Siri. Tak seperti Siri di iOS sebelumnya, di iOS 9 Siri diklaim lebih responsif dan proaktif. Proaktif artinya Siri dapat menyarankan atau melakukan hal sebelum diminta pengguna, mirip dengan Google Now. Apple mengatakan, Siri 40 persen lebih akurat dari sebelumnya.

Review iOS 9 Apple

Siri dapat mempelajari setiap kegiatan dan ketertarikan Biter. Biter bisa menyuruhnya untuk sekadar mencari tempat di peta, membuka aplikasi, dan melakukan tugas yang lebih kompleks lagi, seperti mengingatkan Biter untuk membawa kopi yang ada di atas meja sebelum berangkat kerja.

Selain Siri, iOS 9 juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi baru, di antaranya adalah Transit, News, serta Notes. Transit merupakan fitur baru yang akan terintegrasi dengan Apple Maps.

Fitur Transit akan menyajikan informasi mengenai jenis dan rute kendaraan umum di sebuah kota, sehingga fitur ini akan memberikan petunjuk kepada Biter kapan Biter harus berpindah ke sarana transportasi lain dan rute mana yang harus Biter naiki.

Baca Juga:  WHAFF, Aplikasi Android Penghasil Uang Gratis

Transit telah terintegrasi dengan sistem transportasi kota besar di dunia, seperti Shanghai, New York, London, Tokyo, dan lain-lain. Sayangnya, sepertinya Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia masih belum masuk dalam daftar dukungan dari fitur Transit.

Review iOS 9 Apple

Selanjutnya, Apple juga memperkenalkan aplikasi pembaca berita baru, News. Seperti Flipboard, News menyediakan berita dari banyak sumber, seperti The New York Times, Wired, ESPN dan lain-lain. Kelebihan News terdapat pada tampilannya yang lebih dinamis dan interaktif. Ia memiliki bentuk huruf yang mudah dibaca serta dilengkapi dengan animasi paralax dan dukungan video.

Review iOS 9 Apple

Selain News, Apple juga memperkenalkan aplikasi Notes terbaru. Notes untuk iOS 9 memang mirip dengan aplikasi notes yang ada di iOS sebelumnya. Perbedaannya adalah kini apikasi tersebut telah memiliki fitur pemilihan warna, sehingga Biter dapat menggunakannya untuk menggambar. Selain itu, Notes juga memiliki fitur untuk berbagi setiap catatan yang dibuat.

Review iOS 9 Apple

Ingat dengan aplikasi Passbook buat menyimpan informasi kartu kredit? Nah di iOS 9, Apple sudah mengganti namanya dengan nama baru, yaitu Wallet. Tidak hanya nama saja, ikon aplikasinya juga tampil baru. Fungsi dan fiturnya masih tetap sama seperti Passbook untuk bisa Biter gunakan membayar barang via Apple Pay.

Review iOS 9 Apple

Terakhir, aplikasi yang mendapatkan pemutakhiran adalah sistem CarPlay. Di iOS 9, Biter kini bisa menggunakan CarPlay tanpa mengkoneksikan iPhone dengan kabel Lightning, tapi secara nirkabel jika mobil Biter sudah mendukungnya. Fitur-fitur lain dalam CarPlay adalah memutar pesan audio, bisa dengan knop mobil, mendukung aplikasi bawaan pabrikan mobil.

Review iOS 9 Apple

Fitur baru selanjutnya adalah multitasking. Seperti namanya, fitur ini akan memungkinkan pengguna iOS 9 untuk menampilkan dua jendela aplikasi dalam satu layar. Apple juga menambahkan fitur app switching dengan tampilan animasi baru yang mirip Windows Aero.

Untuk sistem multitasking, Apple menyediakan fitur bernama Slide Over. Fitur tersebut memungkinkan pengguna iOS 9 untuk menghadirkan sebuah jendela aplikasi mini di pinggir layar. Jendela aplikasi tersebut pun ukurannya dapat disesuaikan, dan diganti dengan mudah.

Baca Juga:  Fitur Baru Lagi di Facebook, Take a Break
Review iOS 9 Apple

Apple juga sempat menunjukkan bahwa di iOS 9, Biter dapat menonton video dalam mode “mini player”, sehingga memungkinkan Biter untuk menonton sambil melakukan aktivitas lainnya.

Keyboard di perangkat iPad dengan iOS 9 kini hadir dengan fitur Quicktype yang lebih lengkap, seperti tombol cut, paste, copy, bold, italic, underline, dan attachment yang terletak di sebalah kiri dan kanan. Menariknya, tombol tersebut nantinya bisa dikustomisasi untuk mendukung aplikasi pihak ketiga.

Review iOS 9 Apple

Fokus utama iOS 9 yang terakhir adalah Foundation yaitu perbaikan dan peningkatan performa sistem agar berjalan lebih cepat, responsif, mudah diupdate, penggunaan baterai yang lebih baik, dan keamanan yang lebih ketat.

Apple mengatakan bahwa performa iOS 9 akan lebih cepat, dan responsif dari iOS 8 berkat penggunaan Metal. Metal akan menggunakan prosesor dan grafis secara efisien sehingga pengoperasaian menjadi lebih halus dan responsif.

Review iOS 9 Apple

Daya tahan baterai di iOS 9 juga kini lebih baik. Apple telah mengefisienkannya dengan mengurangi penggunaan baterai untuk digunakan sistem operasi berkat adanya ambient light dan sensor proximity yang akan secara otomatis mematikan layar ketika perangkat iOS diletakan terbalik.

Ukuran file update iOS 9 juga kini telah dipangkas menjadi hanya 1,3GB saja dari 4,8GB yang ada iOS 8. Sehingga membuat proses update berjalan dengan cepat, mudah, dan efisien.

Terakhir adalah peningkatan di sisi keamanan perangkat iOS 9. Apple menghadirkan fitur kemanaan berlapis di iOS 9 yang akan membuat perangkat milik Biter tak dapat diakses oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga:  Review iPhone X Indonesia, Smartphone Terbaik Apple

iOS 9 rencananya akan dihadirkan pada akhir tahun ini. iOS 9 akan bisa dijalankan semua perangkat yang dapat menjalankan iOS 8. Lihat daftar di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Review iOS 9 Apple

Bagaimana Biter, cukup menarik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *