Cara Mudah Menghilangkan Nama Icon Shortcut di Desktop

Beberapa icon shortcut yang ditampilkan di desktop merupakan program yang sudah familiar, sehingga terkadang nama dari icon tersebut terlihat seperti mengganggu bagi sebagian pengguna. Sebagai contoh adalah icon Internet Explorer. Semua orang tahu bahwa ikon tersebut merupakan icon dari program Internet Explorer dan dengan teks deskripsi yang ada di bawah ikon tersebut tidak terlihat seperti hal yang membantu.

Menghilangkan Nama Icon Shortcut di Desktop

Jika Anda ingin menghilangkan nama dari icon shortcut di desktop, cukup klik kanan icon tersebut, tahan tombol Alt dan ketik “255” di keypad yang ada di sisi kanan keyboard, lalu tekan Enter. Anda tidak bisa menggunakan trik ini menggunakan tombol angka yang ada di baris atas keyboard. Jika Anda menggunakan laptop, aktifkan Numlock dan gunakan keyboard angka (biasanya di tombol M, J, K, L, U, 7, 8 dan 9).

Untuk shortcut pertama, cukup gunakan Alt+255. Untuk shortcut kedua, gunakan kombinasi Alt+255 sebanyak dua kali (Alt+255, Alt+255). Untuk shortcut ketiga, tiga kali, demikian seterusnya.

Cara kerja trik ini adalah kombinasi Alt+255 merupakan karakter kosong. Jadi sebenarnya nama icon shortcut tersebut diganti menjadi karakter kosong. Untuk icon yang kedua, dinamai dengan dua karakter kosong, demikian seterusnya.

Sekarang Anda sudah memiliki tampilan desktop dengan icon yang lebih rapi tentunya.

Menghilangkan Nama Icon Shortcut di Desktop

Jika Anda menggunakan trik ini pada sebuah folder, Anda tidak bisa mengganti kembali nama folder tersebut melalui pilihan rename. Anda harus menggunakan command prompt untuk mengganti kembali nama folder tersebut. Sebagai contoh Anda ingin mengganti kembali nama Folder di desktop. Pastikan Anda sudah berada di desktop, tahan tombol Ctrl+Shift, lalu klik kanan di ruang kosong desktop, pilih “Open command windows here”, lalu ketik perintah berikut di command prompt.

Baca Juga:  Mematikan Fitur User Account Control (UAC) di Windows

ren “Alt+255” “NewFolderName”

Catatan: trik ini tidak bisa digunakan untuk menghilangkan nama icon Recycle Bin

Demikian trik yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan / menghilangkan nama icon shortcut di desktop Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *