Bisakah Menghilangkan Bookmarks Bar di Google Chrome Secara Keseluruhan?

Google Chrome merupakan browser favorit yang sering digunakan oleh pengguna Windows. Tampilan Chrome yang sederhana dan ringan membuat banyak orang jatuh hati dan betah menggunakanya. Namun, beberapa hari yang lalu, saya menemukan sedikit isu yang belum bisa saya pecahkan.

Seperti yang kita ketahui, di Google Chrome terdapat fitur bookmarks bar (bilah bookmark) yang berfungsi untuk menampikan halaman situs favorit yang telah kita bookmark pada bagian bilah atas browser. Bookmarks bar ini sangat membantu untuk membuka halaman situs tanpa harus mengetik alamat situs tersebut di address bar browser. Di Google Chrome, untuk membookmark halaman situs favorit, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+D atau dengan mengklik lambang bintang yang ada di ujung kanan address bar.

Bilah bookmark Google Chrome

Namun, ada beberapa pengguna yang tidak menyukai bilah bookmark ini. Google Chrome sendiri memberikan pilihan untuk menghilangkan/menonaktifkan bilah bookmark tersebut. Pada area kosong bilah bookmark, klik kanan, lalu hilangkan centang “Show bookmarks bar”. Kumpulan bookmark Anda akan langsung hilang dan bookmarks bar (bilah bookmark) tidak lagi terlihat. Anda juga bisa menghilangkan bilah bookmark melalui menu Options dengan mengklik lambang tiga garis di pojok kanan Chrome atau tekan Alt+F, lalu plih “Bookmarks” kemudian hilangkan centang “Show bookmarks bar”. Tapi, bagi Anda yang menyukai cara pintas, cukup tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+B, hehe, bilah bookmark akan lenyap seketika.

Menghilangkan bilah bookmark

Nah, permasalahan yang saya temukan, saat membuka tab baru, entah kenapa bilah bookmark kembali muncul. Padahal saya sudah menghilangkan centang pada pilihan “Show bookmarks bar”. Setelah saya melakukan pencarian di beberapa forum, ternyata juga ada beberapa orang di luar sana yang mengalami hal yang sama. Ini berarti isu yang saya alami juga dialami oleh semua pengguna Google Chrome.

Bilah bookmarks masih muncul di tab baru

Lalu bagaimana cara agar bilah bookmark tersebut benar-benar tidak tampil bahkan saat membuka tab baru? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bookmarks bar benar-benar menghilang dari browser Chrome.

Baca Juga:  Membuat Shortcut Mematikan dan Mengaktifkan Windows Firewall

Memindahkan isi folder “Bookmarks bar”

Buka Bookmark Manager dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+O. Setelah halaman Bookmark Manager terbuka, seleksi semua (select all) bookmark dan folder yang ada di folder “Bookmarks bar”. Anda bisa menekan Ctrl+A untuk memilih semua isi folder Bookmarks bar. Lalu tahan dan dan seret (drag and drop) ke folder “Other Bookmarks”. Sekarang bilah bookmark tidak lagi tampil bahkan saat Anda membuka tab baru.

Memindahkan isi folder Bookmarks bar

Lalu muncul pertanyaan baru, “Saya sudah mencoba cara tersebut, tapi masih tampil ikon Apps?”. Jangan panik, cukup klik kanan pada area kosong bilah bookmark, hilangkan centang pada pilihan “Show apps shortcut”. Sekarang sudah benar-benar hilang, bukan?

Menghilangkan shortcut Apps

 

Mengganti halaman beranda (home page)

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti halaman beranda Google Chrome. Secara default, halaman beranda Chrome adalah “Open the New Tab page”. Untuk mengganti halaman beranda tersebut, Anda harus membuka menu Options dengan mengklik lambang tiga garis di pojok kanan atas browser atau tekan Alt+F, lalu pilih “Settings”. Pada pilihan “Appearance” centang “Show Home button” lalu klik “Change”. Centang “Open this page” lalu ketik alamat situs atau halaman yang akan Anda jadikan halaman beranda (home page), misalnya “teknobit.web.id”, klik OK. Shortcut untuk membuka halaman beranda adalah Alt+A.

Masih di halaman yang sama, pada pilihan “On startup”, centang “Open a specific page or set of pages”, lalu klik “Set pages”. Ketik alamat halaman situs yang akan Anda jadikan halaman beranda, misal “teknobit.web.id”, lalu klik OK.

Mengganti halaman beranda

Terakhir, install ekstensi “Replace New Tab Page”. Setelah terinstall, buka ekstensi tersebut, klik Options, lalu ketik alamat halaman situs yang Anda inginkan. Halaman situs tersebut akan terbuka saat Anda membuka tab baru. Klik Save.

Menginstall ekstensi Replace New Tab Page

Install ekstensi Replace New Tab Page

Baca Juga:  Cara Mudah dan Lengkap Setting Email di Windows 10

Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa mencoba menginstall ekstensi “Earth View from Google Earth”. Ekstensi ini menampilkan gambar satelit dari Google Earth tiap kali Anda membuka tab baru. Saya sendiri lebih memilih ekstensi ini karena tampilannya yang cantik.

Tampilan ekstensi Earth View from Google Earth

Install ekstensi Earth View from Google Earth

Jika muncul notifikasi seperti gambar berikut, klik “Keep changes”.

Menginstall ekstensi Earth View from Google Earth

Demikian tutorial cara menghilangkan bilah bookmark (bookmarks bar) di Google Chrome. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Download dan install Google Chrome

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *