Cara Menghapus File System di Windows yang Sulit untuk Dihapus

Jika Anda ingin menghapus atau mereplace file system di Windows, akan muncul notifikasi bahwa Anda tidak bisa menghapusnya, walaupun sebagai administrator. Hal ini disebabkan karena secara default file system di Windows dimiliki oleh TrustedInstaller, dan fitur Windows File Protection akan mencegah setiap proses yang berusaha untuk mereplace sebuah file system.

Akan tetapi jangan kuatir, ada sebuah cara singkat yang bisa Anda lakukan untuk menghapus atau mereplace file system tersebut. Anda harus mengambil hak penuh terhadap file tersebut agar bisa menghapus, mereplace atau mengeditnya.

Pertama, buka command prompt sebagai Admin, klik kanan tombol Start, pilih Commnd Prompt (Admin) atau tekan tombol Windows + R, lalu ketik cmd, kemudian tekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan.

Cara Menghapus File System di Windows

 

Cara Menghapus File System di Windows

Untuk mengambil hak penuh pada file system yang ingin Anda modifikasi, gunakan perintah berikut:

takeown /f C:WindowsSystem32en-USwinload.exe.mui

Perintah tersebut membuat Anda memiliki hak penuh pada file “winload.exe.mui”. Akan tetapi, Anda belum bisa melakukan modifikasi atau menghapus file tersebut. Anda harus menggunakan perintah berikut agar bisa memiliki kontrol penuh pada filenya:

cacls C:WindowsSystem32en-USwinload.exe.mui /G yedogawa:F

Teks berwarna merah username Windows Anda, silahkan diganti. Anda juga bisa mengganti file yang ingin dihapus dengan mengganti direktori file tersebut pada baris perintah. Pada contoh di atas, file “winload.exe.mui” berada di direktori “C:WindowsSystem32en-US”. Anda bisa menyesuaikan perintah tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga:  Cara Membuat Windows Login Otomatis

Jika 2 langkah tersebut sudah Anda lakukan, Anda sudah bisa menghapus file tersebut, mengedit atau menggantinya dengan file baru. Jika masih belum berhasil, mungkin Anda harus merestart Windows Anda terlebih dahulu dan masuk ke Safe Mode dan lakukan kembali langkah-langkah di atas.

Demikian tutorial singkat bagaimana cara menghapus file system di Windows.

Satu tanggapan untuk “Cara Menghapus File System di Windows yang Sulit untuk Dihapus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *