Cara Mudah Mengatur Volume Setiap Program Berjalan di Windows

Sejak Windows Vista dirilis, Windows memudahkan pengguna untuk mengatur volume setiap program yang sedang berjalan dengan menggunakan Volume Mixer. Opsi ini sangat berguna untuk mengatasi volume sebuah program yang kadang terdengar terlalu keras atau kecil dibandingkan dengan program lainnya.

Mengatur Volume Setiap Program Berjalan di Windows

Walaupun Windows sudah menyediakan beberapa cara untuk mengatur suara,┬ánamun terkadang Anda membutuhkan akses cepat untuk menyesuaikan volume video yang sedang diputar terlalu keras atau volume Skype Anda terlalu kecil. Solusinya cukup dengan “klik kanan”.

Mengatur volume program yang sedang berjalan dengan Volume Mixer

Untuk membuka Volume Mixer, klik kanan pada ikon speaker yang ada di taskbar kanan, pilih “Open Volume Mixer”.

Membuka Volume Mixer

Saat pertama kali dibuka, Volume Mixer hanya akan menampilkan dua slider volume, yaitu Device (yang mengatur volume master) dan System Sounds. Volume Mixer tidak akan menampilkan slider volume lain jika tidak ada program berjalan yang sedang menjalankan suara.

Tampilan Volume Mixer

Jika ada program berjalan yang menggunakan suara, maka pengaturan volume untuk program tersebut akan muncul di Volume Mixer. Misal Anda membuka video melalui Chrome atau memutar lagu melalui Windows Media Player, maka Anda bisa mengatur dan menyesuaikan volume program tersebut melalui Volume Mixer. Cukup naik turunkan slider volume untuk mengubah volume suara program sesuai keinginan Anda.

Mengatur volume suara program yang sedang berjalan

Slider volume Device digunakan untuk mengatur volume master. Tingkat volume untuk setiap program tergantung dari volume master. Setiap kali Anda mengubah volume master, maka volume setiap program juga akan berubah. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pengubahan volume yang Anda lakukan tidak permanen. Setiap kali Anda menjalankan sebuah program, Anda harus mengatur kembali volume program tersebut. Kecuali volume System Sounds, tingkat volumenya akan tetap sama dengan volume master walaupun Anda melakukan restart Windows.
  • Bagi pengguna Windows 10, hanya program desktop yang bisa diatur di Volume Mixer. Volume aplikasi universal tidak bisa Anda atur melalui Volume Mixer.
  • Browser yang menggunakan proses terpisah untuk setiap tab, seperti Google Chrome, akan menampilkan kontrol volume yang terpisah untuk setiap tab. Biasanya akan diberi label sesuai dengan judul halaman yang Anda buka.
Baca Juga:  Mematikan User Account Control (UAC) Hanya Untuk Administrator

Jadi, pengaturan volume melalui Volume Mixer sangat berguna untuk waktu tertentu, Anda tidak bisa mengubah pengaturan tersebut secara permanen.

Mengatur volume program di Windows 10 dengan Ear Trumpet

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda bisa menggunakan sebuah software gratis yang bernama Ear Trumpet untuk mengatur volume setiap program. Dengan menggunakan Ear Trumpet, pengaturan volume setiap program akan bersifat permanen bahkan jika Anda melakukan restart Windows. Anda bisa mendownload Ear Trumpet melalui link di bagian akhir posting.

Menggunakan Ear Trumpet

Ear Trumpet memberikan beberapa fitur menarik bagi Anda. Klik ikon Ear Trumpet di system tray lalu akan muncul slider volume yang bisa Anda gunakan untuk mengatur volume setiap program yang sedang berjalan. Dengan Ear Trumpet, Anda akan diberi sedikit kemudahan dibandingkan dengan membuka Volume Mixer. Ear Trumpet bahkan bisa mengatur volume program desktop dan universal.

Demikian tutorial cara mudah mengatur volume setiap program yang sedang berjalan di Windows.

Download Ear Trumpet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *