Mozilla Firefox Untuk iOS Resmi Diluncurkan

Firefox, browser kedua yang paling banyak digunakan di dunia akhirnya tersedia di perangkat iOS. Setelah sebelumnnya di bulan September, perusahaan yang menaungi Firefox, Mozilla telah melakukan uji coba eksklusif di Selandia Baru.

firefox untuk iOS

Sekitar 2 tahun yang lalu, Mozilla menolak ide Firefox untuk meluncurkan browser yang mendukung iOS, kecuali sistem iOS yang dikenal tertutup tersebut bisa lebih ramah untuk software pihak ketiga, seperti Mozilla Firefox.

Syarat Apple yang ketat membuat Mozilla tidak bisa menggunakan sistem rendering mereka, di mana hal tersebut merupakan poin penting dalam mengembangkan Firefox.

Namun, Desember tahun lalu, Mozilla memberikan signal untuk mengubah prinsip tersebut, yang merupakan usaha untuk lebih melebarkan sayap di pasar teknologi, selain di Android dan desktop.

Firefox untuk iOS telah resmi diluncurkan. Dengan melakukan banyak penyesuaian di lingkungan Apple, Mozilla menerapkan beberapa fitur menarik yaitu:

  • Mode Private Browsing, mode dimana cookies dan history tidak akan disimpan
  • Visual Tabs, kemudahan dalam mengatur multiple tab
  • Search Suggestions, akan memberikan prediksi hal-hal apa saja yang akan dicari oleh pengguna

Firefox versi PC dan Android menggunakan Gecko sebagai dapur pacunya. Berbeda halnya dengan versi iOS yang menggunakan Webkit. Pengguna akan melihat langsung beberapa perbedaan saat Firefox digunakan.

Firefox akan melakukan usaha keras untuk meraih popularitas bagi pengguna Apple. iOS telah memiliki Google Chrome, dan Safari sebagai browser bawaan. Sebagai browser yang bisa dikatakan hadir telat, Mozilla tentunya harus bersaing ketat untuk bisa mendapatkan perhatian bagi pengguna Apple.

Baca Juga:  XL Luncurkan Layanan 4G LTE di Kalimantan Barat

Firefox untuk iOS layak dicoba, seperti laporan beberapa pengguna, Firefox berjalan dengan baik dan mulus. Hal itu merupakan berita bagus bagi pengguna desktop yang menginginkan Firefox tersedia di banyak perangkat. Firefox bisa diinstall di perangkat Apple dengan iOS 8.2 atau di atasnya.

Berita resmi di blog Mozilla, Vice President, Nick Nguyen mengatakan:
“Saya berharap Firefox untuk iOS bisa dinikmati, dan semoga ke depannya akan segera dilakukan banyak peningkatan dari kami, secara berkelanjutan akan tetap dilakukan penambahan fitur-fitur baru. Saya bangga dengan tim yang bekerja selama ini yang telah membawa kami ke sini sekarang, dan saya sangat tertarik untuk melihat seperti apa perusahaan ini ke depannya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *