2 Cara Mematikan Autoplay di Windows 10

Saat Anda memasukkan sebuah perangkat ke komputer atau laptop, misalnya CD, DVD, USB Flashdisk atau kartu memori, Anda akan melihat jendela pop up AutoPlay. Jendela tersebut akan memberikan notifikasi pada Anda, tindakan apa yang akan Anda lakukan pada perangkat yang baru saja Anda masukkan ke komputer atau laptop.

AutoPlay Windows

AutoPlay akan mendeteksi jenis dari media yang terdapat pada perangkat yang Anda masukkan. Apakah media tersebut berupa musik, video, dokumen dan sebagainya. Namun, jika Anda merasa jendela pop up tersebut mengganggu, Anda bisa mematikan atau menonaktifkan AutoPlay dengan mudah di Windows 10.

Mematikan dan Mengaktifkan AutoPlay Melalui Settings

Buka Settings, lalu pilih Devices.

Membuka Settings

 

Settings Devices

Pilih Autoplay pada sisi kiri, kemudian klik on/off pada pilihan “Use AutoPlay for all media and devices”. Untuk mematikan fitur AutoPlay, pilihan tersebut harus pada kondisi Off.

Pengaturan AutoPlay di Settings

Selain itu, Anda juga bisa tetap membiarkan AutoPlay aktif dan mengubah tindakan default dari AutoPlay saat sebuah perangkat dideteksi Windows. Pada pilihan “Choose AutoPlay Defaults”, pilih tindakan yang akan dilakukan fitur AutoPlay. Tindakan yang bisa Anda pilih adalah “Open folder to view files”, “Ask me every time”, “Configure this drive for backup”, “Configure storage settings” dan tentu saja Anda bisa memilih “Take no action”. Dengan cara ini, Anda bisa mematikan AutoPlay untuk jenis perangkat tertentu dengan memilih “Take no action”.

AutoPlay media tertentu di Settings

 

Baca Juga:  4 Cara Untuk Menghilangkan User Account Control (UAC) di Windows

Mematikan dan Mengaktifkan AutoPlay Melalui Control Panel

Melalui menu Settings, Anda bisa mengatur fitur AutoPlay untuk beberapa jenis perangkat media, tapi terbatas. Jika Anda ingin mengatur AutoPlay untuk jenis perangkat lain seperti CD, DVD, Disc Bluray atau lainnya, Anda bisa melakukan pengaturan AutoPlay melalui Control Panel.

Membuka Control Panel

Buka Control Panel (klik kanan Start Menu, pilih Control Panel). Pada pilihan View by yang ada di sisi kanan, ubah menjadi Large icons. Kemudian pilih Autoplay.

AutoPlay di Control Panel

Hilangkan centang pada pilihan “Use AutoPlay for all media and devices” untuk mematikan fitur AutoPlay. Anda juga bisa mengatur tindakan default AutoPlay untuk jenis perangkat media tertentu yang terdapat pada list. Sama halnya pada menu Settings, Anda bisa memilih tindakan default AutoPlay seperti “Open folder to view files”, “Ask me every time”, “Configure storage settings”, atau “Take no action”. Pada bagian paling bawah, terdapat pilihan “Reset all defaults” untuk mengembalikan pengaturan ke kondisi default.

Pengaturan AutoPlay di Control Panel

Jendela Autoplay terlihat mirip pada semua versi Windows baik pada Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Di Windows 7, Anda akan menemukan daftar semua jenis media yang masing-masing bisa Anda atur tindakan AutoPlay-nya. Di Windows 8 dan Windows 10 Anda juga akan menemukan daftar media yang sama, akan tetapi dengan pilihan yang lebih beragam. Sebagai contoh, Anda bisa mengatur AutoPlay untuk perangkat removable dan penyimpanan kamera, di mana pada Windows 7 tidak menyertakan perangkat tersebut pada daftar AutoPlay.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengatur Volume Setiap Program Berjalan di Windows

Mematikan AutoPlay Menggunakan Group Policy Editor

Sebagian besar pengguna bisa mematikan fitur AutoPlay melalui Settings atau Controp Panel. Jika Anda pengguna Windows 10 dan ingin mematikan AutoPlay untuk beberapa user di komputer atau laptop Anda, Anda bisa mengaturnya melalui Group Policy Editor.

Membuka Group Policy Editor

Buka Run dengan menekan Windows+R  lalu ketik gpedit.msc. Pilih Computer Configuration – Administrative Templates – Windows Components, kemudian double klik AutoPlay Policies.

Mengatur AutoPlay di Group Policy Editor

Pada sisi kanan, double klik “Turn off AutoPlay”. Pilih “Enabled” lalu pilih “All drives” pada pilihan “Turn off AutoPlay” untuk mematikan fitur AutoPlay pada semua drive atau pilih “CD-ROM and removable media drives” untuk mematikan AutoPlay pada media tersebut. Terkahir klik Apply – OK.

Mematikan AutoPlay di Group Policy Editor

AutoPlay merupakan salah satu fitur keamanan Windows yang terkadang bisa membantu Anda. Anda bisa memilih tindakan default AutoPlay “Ask me everytime” sebagai pengaturan yang lebih aman.

Demikian tutorial cara mematikan dan mengaktifkan fitur AutoPlay di Windows 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *